5 Tips Agar Hidup Terasa Lebih Bugar

Sekarang ini sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap Bugar dan Fit demi terhindar dari beragam macam penyakit. Mulai melakukan kebiasaan baik akan sangat berguna agar tubuh kita terasa bugar sepanjang hari. Kebiasaan dan pola hidup yang kurang baik seperti bangun di siang hari, begadang semalaman, dan pola makan yang buruk haruslah dibuang dan digantikan dengan kebiasaan yang baru. Jika kebiasaan tersebut kamu lakukan hingga sekarang, masih belum terlambat untuk mulai membangun kebiasaan baru yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hidup terasa lebih bugar. Berikut 5 tips yang bisa dicoba untuk memulai kebiasaan yang lebih baik.

 

  1. Bangun Pagi sekitar Pukul 5

https://img.freepik.com/free-photo/happy-beautiful-asian-woman-wake-up-smiling-stretching-her-arms-her-bed-bedroom_7861-1678.jpg?t=st=1657251854~exp=1657252454~hmac=b3c3e702b67a89ad48add709932ba8495e55f0f735d32a2b3c83ce44ceb69fc5&w=740

Bangun pagi secara tidak langsung memiliki peran untuk memberikan perasaan yang berbeda dibandingkan jika kita bangun lebih siang. Mengawali hari dengan bangun pagi memiliki efek atau manfaat yang sangat berpengaruh kepada aktifitas kita sepanjang hari. Mulai dari efektifitas waktu, sampai dengan mempengaruhi mood ataupun perasaan hati saat menjalani hari tersebut. Meskipun bagi sebagian orang bangun pagi adalah hal yang sulit, tetapi tidak berarti hal ini tidak bisa diubah jika kita berhasil untuk biasakan bangun lebih pagi akan ada banyak manfaat yang berpengaruh langsung terhadap kebugaran tubuh.

 

  1. Minum air putih 8 gelas perhari

5 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Dengan Pola Hidup Yang Baik

Sebagian besar dari kita tidak sadar akan pentingnya meminum air setiap hari. Hal ini merupakan hal yang sangat penting, karena kita membutuhkan cairan yang cukup demi keseimbangan tubuh. Sebuah penelitian menunjukan jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh kita tergantung pada berbagai faktor. Tetapi umumnya kita perlu meminum air putih 8 gelas perhari guna memenuhi cairan tubuh setiap harinya. Alih-alih ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kita juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi air secara berlebihan. karena tidak baik untuk kesehatan.

Untuk menjaga tubuh kita, baiknya kita mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh kita. Banyak hal yang berbahaya yang akan timbul akibat kekurangan cairan, seperti kekurangan cairan otak maupun organ lain yang ada di dalam tubuh manusia. Gangguan pada aliran darah dan aliran oksigen di pembuluh darah dan paling buruk bisa saja terjadi pengentalan darah akibat kekurangan cairan tubuh. Maka dari itu, biasakanlah meminum air putih sebanyak 8 gelas perhari agar kita dapat terhindar dari beragam macam penyakit.

 

  1. Makan-Makanan yang Seimbang

https://d1vbn70lmn1nqe.cloudfront.net/prod/wp-content/uploads/2021/06/31094133/Makanan-sehat.jpg

Memakan makanan yang seimbang merupakan hal yang mutlak harus dilakukan jika kita ingin badan kita tetap sehat dan bugar. Kita harus mengkonsumsi makanan seimbang empat sehat lima sempurna setiap harinya seperti Lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, susu dan produk olahan lainnya.

Selain memakan makanan yang seimbang, kita juga perlu untuk menjaga kebersihan diri guna menghindari kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya.

Untuk dapat mencegah hal tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir datangnya penyakit pada tubuh.

Kita juga harus bisa menjaga pola makan, jangan sampai kita menyepelekan pola makan kita dan menunda makan saat merasa lapar. Orang yang tidak bisa menjaga pola makannya akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag yang sering dirasakan adalah perut terasa melilit dan sering merasa sakit perut. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit tersebut kita harus bisa menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dengan seimbang dan teratur.

 

  1. Istirahat yang cukup

https://img.freepik.com/free-photo/young-woman-resting-bed-morning_1303-16489.jpg?t=st=1657255081~exp=1657255681~hmac=2004597bc26912d447b00497d119758c4ae26db9f7c298fcbd4a2244500bd1c4&w=740

Istirahat  dan tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Hindari begadang atau kurang tidur karena bisa membuat tubuh terasa lelah dan sulit untuk konsentrasi. Bahkan, beberapa studi menunjukan bahwa kebiasaan kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Oleh karena itu, pentingnya menjaga waktu istirahat dan membiasakan diri untuk tidak begadang pada malam hari.

 

  1. Berolahraga secara rutin

5 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Dengan Pola Hidup Yang Baik

Olahraga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Rutinitas olahraga juga tidak terbatas pada aktifitas olahraga yang berat. Meskipun hanya olahraga ringan, manfaatnya akan tetap terasa oleh tubuh.

Manfaat olahraga secara rutin merupakan keuntungan yang bisa didapatkan oleh tubuh saat seseorang melakukan aktifitas olahraga secara teratur. Saat dilakukan secara teratur, olahraga akan memberikan manfaat bagi tubuh kita. Olahraga membantu fungsi jantung untuk dapat memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Terlepas dari kondisi kesehatan tersebut, berolahraga juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah demi menjaga kebugaran tubuh adalah melakukan Push Up, Sit Up, Yoga, Skipping, Squat, dan sebagainya. Lakukan olahraga ringan tersebut minimal satu minggu sekali demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Itulah beberapa tips yang Zoleka rekomendasikan untuk Zolekawan semua. Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan kita, namun apa salahnya merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik? Jika kita melakukan kebiasaan ini dari sekarang, manfaatnya akan kita rasakan nanti. Jadi, yuk ubah kebiasaan buruk kita untuk investasi kesehatan di masa depan!