November 8, 2022 | Product Product

Beda Bahan, Beda Keunggulan! Kenali Jenis Jaket Sport

Bagi Zolekawan penggemar olahraga, jaket merupakan salah satu outfit yang wajib dimiliki. Jaket sport memiliki banyak fungsi, mulai dari untuk melindungi tubuh dari angin dan udara dingin hingga untuk menambah gaya penampilan. Zolekawan pasti sering mendengar istilah jaket running, jaket parasut, dan semacamnya. 

Sebenarnya kedua jenis jaket ini berada dalam pembagian yang berbeda. Jaket running adalah jaket yang dibedakan dari fungsinya, yaitu jaket yang dirancang untuk dipakai saat berlari. Sedangkan jaket parasut adalah istilah untuk jaket-jaket yang berbahan dasar kain parasut. Parasut memiliki banyak keunggulan seperti bisa menjaga kehangatan tubuh, ringat, dan tahan air. Sehingga bahan ini sering ditemukan dalam berbagai jenis jaket olahraga.

Untuk bisa mengenal lebih jauh jenis-jenis jaket olahraga dan bahan-bahan pembuatnya, berikut adalah 4 jenis jaket sport paling umum ditemukan dan bahan pembuatnya. Zolekawan bisa membandingkan jenis-jenis bahan yang ada dan memilih yang terbaik untuk dipakai Zolekawan. Yuk disimak bersama.

  1. Jaket running
    Jaket running, seperti disebutkan tadi, adalah jaket yang didesain untuk olahraga lari. Jaket ini cenderung berbahan tipis, tetapi mampu menahan angin dari luar tubuh. Namun di saat yang sama, jaket ini memiliki ventilasi yang bisa mengatur aliran udara agar kulit tidak lembab akibat keringat. Selain menahan angin dari luar, jaket ini juga bisa menahan air meski tidak seefektif jaket anti air.
    Jaket running umumnya terbuat dari bahan nilon ataupun parasut. Kedua bahan kain sintetis ini sama-sama ringan dan bisa tahan air. Namun keduanya juga memiliki kekurangan masing-masing. Bahan nilon terhitung sulit menyerap keringat. Sedangkan bahan parasut cenderung mudah menyerap panas matahari sehingga mudah kepanasan.

  2. Jaket workout
    Salah satu ciri penting jaket workout adalah mudah menyerap keringat sehingga cocok untuk olahraga dalam ataupun luar ruangan. Bahannya yang lembut membuat jaket ini nyaman dipakai lama meskipun cenderung mengikuti bentuk tubuh. Jaket ini cocok dipakai untuk berbagai olahraga, termasuk zumba, aerobik, dan lain-lain.
    Bahan terbaik untuk jaket workout adalah bahan Polyester. Bahan yang paling umum ditemukan ini memiliki sifat tahan lama, tidak mudah kusut, dan ringan. Hal yang paling membedakan bahan satu ini adalah sifat non-absorbent yang memungkinkan keringat untuk menguap di kulit dan tidak terjebak dalam kain.

  3. Jaket track
    Jaket track adalah jenis jaket yang umumnya dijual berpasangan dengan celana track. Jaket ini memiliki desain yang modis dan tersedia dalam warna cerah. Jaket yang juga cocok digunakan saat bersepeda ini bisa memudahkan pemakainya terlihat oleh pengendara lain saat berolahraga di jalan raya. Ciri khas lain jaket track adalah ia mampu menahan panas di tubuh sehingga mendorong keringat keluar lebih banyak.
    Jaket track banyak ditemukan dalam bahan nilon ataupun katun yang dicampur serat elastis. Bahan nilon umumnya lebih ringan dan bersifat tahan air serta udara. Sedangkan bahan katun memiliki keunggulan lebih lembut sehingga lebih nyaman dipakai. Zolekawan bisa mengidentifikasi jaket track dengan mudah dari resleting dan garis-garis yang senada dengan celananya.

  4. Jaket training
    Jaket olahraga lain yang sering digunakan adalah jaket training. Model jaket ini awet sejak jaman dulu hingga sekarang. Jaket ini juga bisa dipakai dalam berbagai olahraga, seperti bersepeda, berlari, jogging, dan permainan olahraga lainnya. Salah satu bahan jaket training yang sering ditemukan adalah bahan polyester.
    Karakteristik kain ini antara lain tidak menyerap keringat dan menahan panas sehingga mendorong pemakainya berkeringat lebih banyak. Selain itu, bahan ini juga tidak mudah melar meski sudah dicuci berkali-kali.

Itulah 4 jenis jaket olahraga yang umum ditemukan serta bahan pembuatnya. Zolekawan bisa memilih jaket yang diinginkan sesuai dengan fungsi bahan ataupun jenis olahraga yang Zolekawan tekuni. Pemilihan jaket yang tepat bisa meningkatkan kualitas dan efektifitas olahraga Anda. Jadi jangan sampai salah pilih ya.