Belajar Memasak Bersama Anak-Anak Beling

Zoleka menyadari pentingnya pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Program Belajar Keliling atau Beling pun disusun bersama dengan Fresh Kids Care Bandung untuk mengumpulkan anak-anak jalanan belajar seperti anak-anak seumuran lainnya. Kali ini, Zoleka merencanakan sebuah kelas spesial untuk para anak-anak. 

Di Beling Caringin Bandung, 12 anak-anak Beling ikut bersama dalam Cooking Class yang disiapkan bersama Kak Budi Sukses atau BuSuk dari Fresh kids Care. Setelah anak-anak berkumpul dan dibagi dalam 2 tim, Kak BuSuk mulai menjelaskan tentang kelas hari ini yang dijalankan dalam bentuk permainan memasak.

Jadi anak-anak semua akan mencoba semua proses memasak makanan, mulai dari memotong sayur, menyiapkan bahan-bahan lain, hingga memasaknya dalam kuali di atas kompor. Tiap anak hanya memiliki waktu yang terbatas, jadi pekerjaannya yang belum selesai akan dilanjutkan oleh teman di belakangnya. Dengan gaya estafet ini, anak-anak akan belajar memasak hingga makanan siap saji.

Belajar Memasak Bersama Anak-Anak Beling

Kak BuSuk juga menjelaskan permainan ini tidak hanya tentang memasak saja. Lewat cooking class, anak-anak juga diajarkan tentang kerjasama tim untuk menyelesaikan misi. Pesan ini tidak hanya penting dalam bermain saja, tetapi juga akan terus berguna hingga anak-anak dewasa nanti. 

Sementara Kak BuSuk menjelaskan kepada anak-anak, para kakak tim Zoleka menyiapkan alat dan bahan masaknya. Alat masak yang disediakan termasuk kompor portable, kuali, spatula, talenan, piring, pisau, dan lain-lain. Tentunya semua itu disiapkan dalam 2 buah untuk kedua tim. 

Tidak hanya itu, ada juga bahan masak, seperti sayur sawi, wortel, buncis, bakso, air, minyak, dan pelengkap lainnya. Semua sayur sudah dicuci bersih sebelum dibawa dalam kotak makanan bening. Selain itu, untuk menjaga kesehatan semua orang, juga diingatkan kepada anak-anak untuk tetap memakai masker.

Setelah persiapan selesai, dimulailah sesi memasak! Di bawah petunjuk orang dewasa, anak-anak memulai proses memasak mulai dari memotong kecil-kecil bahan yang ada. Potongan yang belum selesai akan dilanjut oleh temannya. Keseruan belajar sangat terasa, terutama dari teriakan anak-anak yang menyemangati temannya.

Bau makanan yang wangi mulai tercium saat api kompor mulai memanasi sayur-sayur dan bakso dalam kuali. Anak-anak dengan sabar terus mengaduk masakan dalam kuali agar tidak gosong. Tidak lupa, bumbu masak juga dimasukkan agar makanan semakin sedap.

Belajar Memasak Bersama Anak-Anak Beling

Tak lama kemudian, masakan pun selesai! Anak-anak pun bekerja sama menyajikannya dalam piring. Kak BuSuk juga memuji anak-anak mengikuti kelas dengan baik dan makanannya enak. Tidak hanya makanan yang dimasak sendiri, Zoleka juga membagikan kotak makanan kepada anak-anak. 

Belajar Memasak Bersama Anak-Anak Beling

Kegiatan belajar bersama hari ini pun selesai. Sebagai penutup. Anak-anak mendapatkan bingkisan besar dari Zoleka. Kelas ditutup dengan foto bersama dan anak-anak pun pulang dengan membawa ilmu dan banyak hadiah ke rumah masing-masing.