June 16, 2021 | Tips & Trick

Buat Helm Motor Lebih Awet, Ini Caranya!

Untuk Zolekawan yang suka touring atau sunmori, helm pasti menjadi salah satu aksesori wajib saat berkendara. Selain itu, dengan memakai helm akan memberikan rasa aman dan nyaman ketika di perjalanan. Karena helm tidak lepas dari aktivitasmu sehari-hari dan penting tentunya kamu harus menjaga dan merawatnya agar lebih awet dan tetap nyaman digunakan. Berikut tips merawat helmmu agar lebih awet ala Zoleka.

  1. Titipkan Helm Saat Berada di Parkiran.

Letakkan helm di penitipan helm, jangan meletakkan helm di kaca spion karena akan merusak struktur busa helm. Selain merusak busa helm, helm akan mudah tersenggol dan jatuh. Ada alternatif lainnya jika kamu tidak ingin menitipkan helm-mu di penitipan helm, kamu bisa menyimpan helm di stringbag helmet. 

Foto: Stringbag Helmet 1.0 Grey by Zoleka

  1. Jangan Ragu Menggunakan  "Balaclava" saat Memakai Helm.

Sebelum menggunakan balaclava, pastikan rambut kamu kering ya. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak meninggalkan lembap dan mengakibatkan jamur pada helm. Kegunaan balaclava sendiri  sebagai alas untuk membatasi atau menghalangi rambut bersentuhan langsung dengan permukaan busa helm agar keawetan busa helm tetap terjaga.

Foto: Balaclava 2.0 by Zoleka

  1. Bersihkan dan Keringkan Helm Setelah Kehujanan

Air hujan memiliki kandungan kadar asam yang cukup tinggi dan mampu merusak helm-mu lho! Permukaan helm bagian luar ataupun dalam yang  sering terkena air hujan dan tidak cepat dibersihkan akan membuat helm cepat berjamur dan cepat rusak.

  1. Tidak Menjemur Helm di Bawah Sinar Matahari Langsung

Tahukah kamu menjemur helm di bawah sinar matahari langsung akan membuat permukaan helm menjadi cepat retak dan kusam. Disarankan jika kamu ingin mengeringkan helm dengan benar, simpan helm di tempat sejuk dalam keadaan terbalik dan biarkan angin yang mengeringkannya.

  1. Helm Merupakan Aksesori Personal

Hindari kebiasaan meminjamkan helm. Bukan hanya pakaian, helm juga sifatnya personal lho! Dengan kamu sering meminjamkan helm ke orang lain helm-mu akan lebih cepat bau, bagian dalam helm atau busa helm yang terkontaminasi debu, keringat dan bakteri yang menempel pada rambut orang lain akan membuat helm-mu menjadi kotor dan tidak nyaman digunakan. 

Foto: Jaket Duro by Zoleka

Filed in: Helm Motor