Bantuan dari Zoleka: Secerah Harapan untuk Anak Yatim Kampung Cabang Air

Masa kecil sering digambarkan sebagai masa yang penuh permainan, keceriaan, dan canda tawa, baik bersama keluarga maupun teman. Namun bukan berarti semua anak-anak memiliki masa kecil yang sama. Ada anak-anak yang sudah harus memikul beban yang lebih berat untuk membantu meringankan beban kedua orang tua mereka. 

Hal ini dilihat langsung oleh Ibu Irene Ridjab, Founder Zoleka saat ikut dalam sebuah kegiatan Zoleka Social Act pada tanggal 9 Agustus kemarin. Zoleka berkomitmen untuk terus peduli dan membantu lebih banyak orang. Untuk itu, Zoleka rutin menyusun dan melaksanakan berbagai program sosial di berbagai kesempatan. 

Dan pada tanggal 9 Agustus itu, Zoleka mengadakan sebuah kegiatan Social Act di Kampung Cabang Pintu Air, Desa Karang Asih RT 04/ RW 09, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Di sini, Zoleka  membagikan paket sembako untuk warga-warga yang tinggal di sana. 

Lokasi ini mengalami dampak buruk yang besar akibat pencemaran air. Sebuah sungai yang mengalir di dekat perumahan warga sudah berubah menjadi sungai hitam. Semua ini karena limbah pabrik yang dibuang di hulu sungai. Namun karena tidak ada solusi lain, akhirnya warga tetap memakai air sungai ini untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci. Rumah yang berdiri di sini juga umumnya terbuat dari kayu dan triplek dengan atap seng. bangunan-bangunan ini dibuat berdekatan dan hanya menyisakan jalan kecil di antara mereka. 

Prihatin dengan kondisi ini, Ibu Irene bersama tim Zoleka pun berusaha membantu meringankan beban mereka. Ada 100 buah paket yang disiapkan untuk dibagikan kepada para warga. Paket ini berisi sembako dan baju-baju bekas layak pakai. Harapannya benda-benda ini bisa meringankan beban para warga.

Bantuan dari Zoleka: Secerah Harapan untuk Anak Yatim Kampung Cabang Air

Paket-paket ini dibagikan dengan mendatangi rumah warga satu persatu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan warga di masa pandemi. Seluruh kegiatan bantuan sosial ini juga mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku. 

Saat inilah Ibu Irene bertemu dengan banyak anak yatim. Anak yatim adalah istilah untuk anak yang tumbuh besar tanpa kehadiran seorang ayah setelah ditinggalkan selamanya. Karena hanya ada seorang ibu, beban kehidupan pun terasa lebih berat. Tidak jarang mereka menjadi lebih pengertian  dan berbuat lebih banyak untuk membantu hidup ibu dan keluarga mereka.

Begitu juga yang terlihat di Kampung Cabang Air. Anak-anak yatim ini terlihat lebih dewasa di dalam tubuh yang mungil. Melihat hal ini, hati Ibu Irene terenyuh dan memutuskan untuk membagikan amplop kepada mereka. Amplop berwarna putih ini diisi sedikit rezeki yang Ibu Irene punya saat itu. Ibu Irene berharap bantuan kecil ini bisa membantu anak serta keluarga mereka.

Anak-anak yang menerima amplop putih ini merasa kaget bercampur dengan rasa senang. Dengan suara yang manis, mereka mengucapkan terima kasih. Cahaya di mata mereka seolah mewakili harapan baru yang tumbuh di dalam hati mereka. Senyuman di mulut mereka juga ikut menular ke ibu atau saudara yang ada di dekat mereka.

Bantuan dari Zoleka: Secerah Harapan untuk Anak Yatim Kampung Cabang Air

Penduduk yang mendapatkan bantuan sosial dari Ibu Irene dan Zoleka terus mengucapkan rasa terima kasih.  Para pejabat desa yang ikut membantu menyukseskan acara mewakili para warga menyampaikan syukur dan haru yang dirasakan.

“Banyak terima kasih kepada tim Zoleka atas kunjungan dan bantuan. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga kami. Semoga Zoleka makin maju dan makin laku semua produknya, Amin. Dan sehat selalu semua tim Zoleka,” kata Ibu Rimadona selaku Ketua RT setempat.

Mungkin sulit untuk memberikan para anak itu sebuah masa kecil yang layak. Bagi anak-anak yatim, sebagian besar waktu mereka digunakan untuk hal lain. Ada anak-anak yang pergi mencari pekerjaan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada juga yang belajar mengerjakan pekerjaan rumah untuk membantu sang ibu. Bagi mereka, masa kecil yang penuh permainan dan canda tawa adalah hal yang jauh. Karena itu, sedikit bantuan dari Anda juga bisa membantu mereka merasakan masa kecil penuh permainan.

Tidak ada yang tahu berapa besar perubahan yang terjadi karena sebuah kepedulian dari orang lain. Bahkan bisa saja akan berpengaruh hingga ke masa depan. Jadi jangan pernah berhenti untuk terus memperhatikan sekitar dan menemukan mereka yang membutuhkan bantuan.

Bila dibutuhkan, Zolekawan bisa menghubungi Zoleka untuk menjadi jembatan berbagi ke mereka. Sampaikan pesan lewat direct message di akun Instagram Zoleka (@Zoleka.id). Satu pesan dari Zolekawan bisa saja mengubah hari-hari seorang anak di suatu tempat. Untuk keterangan lengkap kegiatan-kegiatan Social Act Zoleka yang lain, bisa dilihat di www.zoleka.id.

Filed in: Anak Yatim