November 17, 2021 | Tips & Trick

Hal Penting Sebelum Touring Menggunakan Motor

Touring motro

Sumber: Unsplash @pranantaharound

Touring motor merupakan kegiatan yang cukup memakan waktu akan tetapi sangat menyenangkan. Touring biasanya dilakukan secara grup. Sudah banyak grup - grup yang touring diberbagai tempat di Indonesia. Ada yang touring yang dekat dari Jakarta seperti, Puncak, Sawarna, Bandung, Ujung Genteng, Pelabuhan Ratu, Panggadaran, dan Tegal. Namun, apabila kamu yang mau touring hingga melewati Bandung seperti, Yogyakarta, Semarang, dan seterusnya, sebaiknya mematangkan persiapan kamu agar selama perjalanan tidak ada kendala. Bagi kalian yang pemula dalam touring motor di bawah ini adalah hal - hal yang perlu disiapkan.

        It wasn't until I went to college and I got my first motorcycle that I understood the thrill of speed.

        -Vin Diesel

1. Helm

Sumber: unsplash @ayrasamihd

Jangan pernah lupa memakai helm. Kemanapun kamu pergi helm adalah hal terpenting saat mengendarai motor. Helm berguna untuk melindungi pengendara dari resiko cedera jika terjadi kecelakaan. Pastikan untuk menggunakan helm SNI full-face atau half-face. Helm yang digunakan juga harus seusai dengan ukuran kepada agar nyaman digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Gunakan balaclava untuk melindungi muka anda dari debu apabila anda menggunakan helm half-face.

2. Jaket Anti Hujan

Jaket Anti Hujan untuk Motor
Sumber: Zoleka

Ketika kamu touring, cuaca adalah faktor yang bisa kamu hindarkan. Namun, jika kamu masih mau tetap touring sebaiknya siapkan jaket anti hujan. Dengan ini kamu bisa tetap touring dalam keadaan hujan yang datang secara tiba-tiba. Bisa dicek juga jaket anti hujan dari Zoleka.

3. Baju Ganti

Sumber: unsplash @sweetpagesco

Selain jaket, pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman juga wajib kamu bawa. Sebab kamu akan melakukan perjalanan jauh, dan bisa saja memakan waktu lebih dari 1 hari. Karena itu, membawa pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman menjadi penting. Untuk alas kaki, sesuaikan dengan tema dan atau rute yang kamu akan tempuh. Sedangkan untuk pakaian ganti, penggunaan kaus lengan pendek atau t-shirt juga bisa jadi pilihan kamu sebagai pakaian ganti selama touring motor.

4. P3K

Sumber: unsplash @matnapo

Obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan harus disediakan. Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di kala terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting jika kamu tiba-tiba tidak enak badan. Jagalah kesehatan kamu sebelum touring.

5. Tool Kit

Tool kit Motor
Sumber: unsplash @nina_mercado

Dalam perjalanan, kendala motor tidak dapat diprediksi. Ketika baut-baut motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part minor, kamu masih bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik di bengkel motor.

6. GPS

GPS motor
Sumber: unsplash @rkatieb

Kemajuan teknologi membuat teknologi Global Positioning System (GPS) menjadi mudah digunakan, bahkan saat kamu sedang melakukan touring motor sekalipun. Hanya saja, penggunaan GPS seringkali terhalang oleh sinyal di Indonesia yang tak terlalu baik sehingga peta fisik masih menjadi andalan utama saat berkendara touring motor. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika GPS dan peta fisik ini selalu tersedia saat kamu ingin melakukan touring motor.

7. Cash

Sumber: unsplash @ahsanjaya

Ketersediaan uang cash sangat dibutuhkan dalam perjalanan juah / apabila kamu melewati tempat - tempat pedalaman. Bukan hanya untuk membeli makan dan minum, namun juga untuk membeli bensin. Simpan uang cash kamu di dalam tas atau bagasi motor agar lebih aman.

8. Power Bank

Sumber: unsplash @markuswinkler

Jika kalian menggunakan GPS di HP sebaiknya membawa powerbank. Apabila perjalanan kamu jauh, hal terakhir yang kamu inginkan adalah hp mati di tengah jalan dan tidak ada GPS.

Alat - alat di atas dianjurkan dibawa agar touring kalian berjalan dengan lancar. Namun, bukan hanya alat-alat saja yang menjadi faktor lancarnya touring kamu. Ada hal lain yang harus kamu periksa sebelumnya. Berikut, beberapa hal yang harus diperhatikan

1. Cek Kondisi Kendaraan

Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang baik sebelum touring. Agar pada saat touring, kendaraan kamu tidak ada kendala. Bawa kendaraan kamu ke bengkel terdekat untuk pengecekan kendaraan kamu. Cek oli, kondisi ban, dan bensin kamu sebelum pergi.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik kamu sebaik mungkin. Tidur yang cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga, konsentrasi, dan mengurangi resiko kecelakaan. 

3. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kamu dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan. Selain itu, dengan mengetahui kondisi jalan, kamu bisa mempersiapkan setelan suspensi motor agar siap berkendara di segala kondisi jalan.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di jalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Dengan mengikuti rambu dan marka yang ada kamu dapat berkendara secara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan.

Sekian tip dari kami, semoga touring kamu berjalan dengan lancar tanpa kendala, dan pulang dengan selamat.

Happy Riding!

Filed in: Touring