Human Empowerment: Anak-Anak ABK Pamerkan Karya Lewat Fashion Show “Walking Together”

Tanggal 2 April adalah hari khusus untuk memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia atau World Autism Awareness Day. Hari ini adalah hari khusus untuk membangkitkan lagi kesadaran dan kepedulian akan autisme. Menurut HelloSehat, gejala autisme tiap anak bisa berbeda, tetapi umumnya mereka lebih sulit berkomunikasi dan menyatakan perasaan. Namun bukan berarti mereka tidak bisa hidup mandiri. Dengan latihan dan bimbingan yang cukup, mereka tak ubahnya dengan anak-anak lain. 

Human Empowerment: Anak-Anak ABK Pamerkan Karya Lewat Fashion Show “Walking Together”

Tahun ini, Zoleka ikut merayakan Hari Peduli Autisme Sedunia dengan membuat acara "Walking Together" di BTC Fashion Mall, Bandung pada 1 April 2022. Acara ini merupakan kerjasama Zoleka bersama PKBM Puspa Terang Nusantara dan BTC Fashion Mall. Tujuan acara untuk menampilkan produk hasil karya anak-anak ABK PKBM Puspa Terang Nusantara dalam produk Human Empowerment Zoleka. 

Acara ini dihadiri oleh tamu-tamu undangan penting, termasuk Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Menurut Ibu Atalia, acara ini bagus dan penting untuk membangkitkan semangat berkarya anak-anak penyandang disabilitas, terutama anak-anak penyandang autisme.

Human Empowerment: Anak-Anak ABK Pamerkan Karya Lewat Fashion Show “Walking Together”

"Jadi saya berharap melalui kegiatan hari ini kemudian kita mendorong anak-anak ini bisa menunjukkan karyanya. Kita dorong supaya mereka memiliki keterkaitan dengan pengusaha dan perusahaan. Ini bisa mendorong mereka supaya menjadi anak yang mandiri," ujar Ibu Atalia.

Ibu Atalia membagikan data dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang mencatat jumlah penyandang disabilitas di Jawa Barat sebanyak 27.600 orang. Di antaranya, ada penyandang autisme sekitar 500 orang. Dalam acara ini, Ibu Atalia juga mengungkapkan pentingnya peran orang tua untuk membimbing anak-anak penyandang autisme terus berkarya.

Tidak hanya itu, orang tua juga bisa menemukan ruang bersama berkomunikasi dengan teman-teman yang memiliki kondisi sama. Keluarga dan anak-anak pun tidak lagi merasa sendiri dan bisa saling berbagi dalam kelompok-kelompok. "Saya berharap ini menjadi inspirasi bagi semuanya bahwa di tahun 2022 ini terkait dengan Hari Autisme Internasional, saya berharap bahwa semakin banyak lagi anak-anak kita yang mampu untuk menjadi lebih mandiri dari sebelumnya," katanya

Acara ini terdiri dari Fashion Show oleh-oleh anak-anak ABK Puspa Terang Nusantara dan sebuah talkshow inspiratif. Delapan anak-anak istimewa menampilkan hasil karya mereka dalam Fashion Show. Nicholas, Anya, Marthen, Oline, Jose, Vina, Jordan, dan Latisha berjalan di panggung bersama model dengan memakai baju, jaket, dan masker berdesain gambar mereka. Ada juga produk lain seperti buku agenda dan tumblr

Setelah Fashion Show, dilanjutkan sebuah talk show bersama tokoh-tokoh inspiratif. DIpandu  oleh moderator Victor, narasumber yang hadir antara lain Irene Ridjab selaku founder Zoleka, Tine Simanjuntak sebagai Ketua PKBM Puspa Terang Nusantara, Sylvia sebagai ibu dari Oline, dan Riris Sihite selaku ibu dari Vina. 

Zolekawan yang ingin melihat dan memiliki karya anak-anak ABK ini, bisa melihat langsung di online store Zoleka di webstore zoleka.id atau marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Ada kaos, jaket, crewneck, tote bag, vest, hingga hoodie. Anda bisa langsung datang ke offline store Zoleka lantai LG BTC Fashion Mall atau langsung menghubungi admin untuk informasi lebih lanjut. 

Bila Zolekawan ingin bergabung dalam kegiatan-kegiatan sosial Zoleka, bisa langsung menghubungi lewat Direct Message Instagram @Zoleka.id. Ada juga update kegiatan Zoleka di blog zoleka.id. Anda bisa bertanya atau berbagi informasi kepada Zoleka. Zoleka juga bisa menjadi jembatan bagi Zolekawan yang ingin berbagi ke tempat-tempat lain. Terus Berbagi dan berjalan di atas jalan kebahagiaan.