Human Empowerment: Atalia Praratya: Keterbatasan Bukan Penghalang Berkarya

Pada 1 April 2022 lalu, Zoleka bekerjasama dengan BTC Mall Bandung dan PKBM Puspa Terang Nusantara membuat sebuah acara khusus Walking Together. Acara ini merayakan Hari Peduli Autisme Sedunia atau World Autism Awareness Day yang diperingati setiap 2 April. Acara ini dihadiri oleh tamu istimewa Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil. 

Human Empowerment: Atalia Praratya: Keterbatasan Bukan Penghalang Berkarya

Ibu Atalia menyampaikan pesan penting bahwa keterbatasan bukanlah penghalang bagi anak-anak penyandang autisme untuk berkarya. Dan momentum hari ini pun menjadi momen yang pas untuk membangkitkan lagi semangat teman-teman berkebutuhan khusus untuk berkarya kembali. 

"Banyak anak-anak penyandang autisme yang mampu berkarya. Mereka juga bisa menjadi anak yang bahagia dengan berkarya. Itu berkat dukungan orang tua dan lingkungan sekitar," kata Ibu Atalia. Contoh karya-karya yang dibuat oleh anak-anak ABK adalah karya Human Empowerment yang ditampilkan oleh 8 anak istimewa dalam Fashion Walking Together hari itu. 

Dari data Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, penyandang autisme di Jabar ada sekitar 500 orang. Untuk bisa mendukung mereka berkarya lebih banyak, dukungan-dukungan dari banyak pihak. Salah satunya adalah dukungan dari orang tua.

"Ini memang penting sekali bahwa orang tua pun memiliki ruang bersama, memiliki tempat untuk mereka berkomunikasi dengan mereka yang memiliki kondisi yang sama. Jadi saya mendorong agar semua orang tua tidak merasa sendirian, sehingga bisa masuk ke dalam kelompok-kelompok yang bisa saling berbagi," ucap Ibu Atalia.

Dengan demikian, baik anak-anak maupun orang tua pun mendapat dukungan, kesempatan, dan semangat baru untuk terus berusaha dan berkarya. "Jadi saya berharap melalui kegiatan hari ini kemudian kita mendorong anak-anak ini bisa menunjukkan karyanya. Kita dorong supaya mereka memiliki keterkaitan dengan pengusaha dan perusahaan. Ini bisa mendorong mereka supaya menjadi anak yang mandiri," ujar Ibu Atalia.

Human Empowerment: Atalia Praratya: Keterbatasan Bukan Penghalang Berkarya

Tidak hanya menghadiri acara Walking Together, Ibu Atalia juga hadir dalam acara opening store toko offline pertama Zoleka di lantai LG BTC Fashion Mall. Toko ini menghadirkan produk-produk Human Empowerment karya anak-anak ABK PKBM Puspa Terang Nusantara. Ada produk kaos, jaket, tote bag, crewneck, hoodie, dan lain-lain. Ibu Irene juga memberikan hadiah berupa jaket karya Anya kepada Ibu Atalia.

Autisme tidak lagi menjadi alasan penghalang bagi para teman-teman dan anak-anak. Penyandang autisme pun menjadi bisa tumbuh mandiri seperti anak-anak lainnya. "Saya berharap ini menjadi inspirasi bagi semuanya bahwa di tahun 2022 ini terkait dengan Hari Autisme Internasional, saya berharap bahwa semakin banyak lagi anak-anak kita yang mampu untuk menjadi lebih mandiri dari sebelumnya," kata Ibu Atalia sebagai penutup.