June 9, 2021 | Human Empowerment

Melihat Jose, Melihat Pribadi yang Luar Biasa dan Istimewa

Jose Marvino Hasahatan Siregar adalah seorang anak berkebutuhan khusus dengan diagnosis Delay Development. Dia anak yang ceria, aktif, pintar dan mau mencoba sesuatu yang baru. Jose juga anak yang mandiri saat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti makan, persiapan ke sekolah, memakai baju dan celana, dan lain-lain. Mulai tahun lalu, selama masa pandemi, Jose mulai menunjukkan hobinya untuk memasak. Ia mampu mengikuti proses awal memasak hingga terciptanya hidangan makanan yang hanya ia tiru dari video-video di YouTube.

Saat ini Jose sudah duduk di kelas 2 setara Sekolah Dasar di PKBM Puspa Terang Nusantara. Dulu saat pertama kali masuk Puspa, Jose belum mampu berkomunikasi dua arah dengan baik. Bahkan suaranya pun tidak terdengar dengan jelas. Selain itu, Jose menunjukan perilaku mencubit saat keinginannya tidak dipenuhi. Sekarang, Jose rajin mengikuti aktivitas di sekolah inklusi yang dimulai dari pagi hari hingga siang hari.

Jose juga memperlihatkan kemampuannya dalam mengerjakan operasi hitung dengan cara yang lain, meski pun pengajar memerlukan 1,5 semester. Selama pembelajaran di Puspa, Jose juga mampu mengetahui jadwal perpindahan setiap sesi. Bahkan Jose mampu mengkomunikasikannya dengan baik kepada pengajar untuk mengakhiri sesi. Dalam kemandiriannya, Jose mulai menyukai kegiatan di PKBM Puspa Terang Nusantara karena termotivasi dengan sepupunya.

Orang tua Jose sangat mendukung kegiatannya di PKBM Puspa Terang Nusantara, mulai dari kegiatan belajar mengajar hingga terapi. Hal ini yang membuat kemampuan Jose berkembang dengan baik dan optimal. sebagai orang tua berfokus pada kelebihan anak-anaknya dan bukan kekurangannya. Ketika kita mampu melihat mereka dengan segala kelebihannya, kita akan melihat betapa istimewa dan luar biasa pribadi mereka, khususnya Jose. Mereka adalah anugerah Tuhan yang begitu istimewa. Percayalah kepada rencana Tuhan karena Dia yang akan memberikan kekuatan dan kemampuan kepada kami sebagai orang tua untuk menjalani hari-hari bersama mereka.

Yuk dukung karya Jose dengan membeli produknya berupa t-shirt dan tote bag disini.

 

Update : Per bulan April-2022 hasil karya Jose-01 sudah terjual sebanyak 133 t-shirt, 71 tote bag, 181 notebook, 2 outerwear, dan 4 tumbler.

Melihat Jose, Melihat Pribadi yang Luar Biasa dan Istimewa

Bergabung dalam program Zoleka ini bagi Ibu Mei, ibu dari Jose, adalah membuka pintu baru mengenal putra kecilnya lagi. Ia mengaku kaget saat mendapat kabar dari Zoleka. “Sampai saya harus menyakinkan lagi sama gurunya. Katanya betul, ini gambarnya Jose sendiri. Karena saya belum melihat dia gambar, jadi saya agak takjub juga.” Oleh sebab itu, ia menjadi bersemangat terus mendukung dan membagikan hasil Karya Jose dan teman-temannya. Harapan terbesarnya saat ini adalah agar Jose bisa menemukan talentanya yang bisa menjadi bekal hidup dia di masa depan.

Baja juga Human Empowerment lainnya di:

Human Empowerment: Kebahagiaan untuk Anak, Harapan bagi Orang Tua

Keseruan Sekolah Bersama di “Beling”Keseruan Sekolah Bersama di Program Belajar Keliling "Beling

Tingkatkan Pendidikan Anak Jalanan Dengan Belajar Keliling “Beling”

Makna Dibalik Sebuah Karya Sederhana

Bersama Kita Berdaya

Narapidana Lapas Narkotika: Titik Balik untuk Bangkit

Perempuan Yayasan Rumah Tumbuh Harapan (Rumah Ruth) : Kekuatan dari Hati

Berkarya bersama Adik-adik PKBM Puspa Terang Nusantara

Perjuangan Oline yang Penuh

Melihat Jose, Melihat Pribadi yang Luar Biasa dan Istimewa

Mengenal Sang Juara Gambar Bernama Marthen

Nico, Anak Penuh Kasih yang Menggandrungi Dunia Multimedia

Anya, Si Kakak yang Ceria dan Penuh Bakat

Vina, Remaja Hebat yang Karyanya Menginspirasi

Cerita Latisha, Gadis Kecil dengan Pribadi Berharga dan Dikasihi Tuhan

Human Empowerment: Stand Up, Rise Up

 

Filed in: Istimewa