March 3, 2022 | Rumah Zoleka

Human Empowerment: Meningkatkan Pemberdayaan Warga di Rumah Zoleka

Berbagi ilmu adalah sesuatu hal yang sangat unik. Berbagi pengetahuan tidak akan membuat kita kehilangan atau kekurangan. Bahkan kita mendapatkan lebih banyak ilmu dan memantapkan pengetahuan yang sudah dimiliki karena terus diulang dan dilatih. Selain itu, berbagi ilmu juga memiliki efek yang lebih besar dari bentuk berbagi lainnya.

Hal ini dikarenakan dengan ilmu yang didapatkan, hidup seseorang bisa berubah. Itulah mengapa ada yang menganggap sekolah adalah jalan paling mudah untuk mencapai hidup sejahtera. Setiap momen berbagi akan membawakan kebahagiaan, tidak hanya untuk orang menerimanya tetapi juga yang membagikannya. 

Berbagi ilmu seperti membagikan api dari satu lilin ke lilin lain yang  lebih banyak. Semakin banyak ilmu yang dibagikan, semakin banyak orang yang menerimanya, semakin besar pula efeknya, termasuk untuk masyarakat dan negara.

Human Empowerment: Meningkatkan Pemberdayaan Warga di Rumah Zoleka

Atas kesadaran ini, Zoleka mendirikan Rumah Zoleka di Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Rumah Zoleka merupakan sub-program Human Empowerment yang sebelumnya sudah dijalankan oleh Zoleka. Hal ini dikarenakan tujuan berdirinya rumah ini adalah sebagai rumah pemberdayaan anak-anak yang tinggal di sekitar Desa Karang Asih.

Desa Karang Asih adalah tempat familiar untuk Zoleka, begitu pula warga Karang Asih dengan Zoleka. Sebelumnya, Zoleka sudah sering datang berkunjung ke desa di Bekasi ini untuk berbagi, mulai dari sembako hingga tongkat dan kursi roda. Tim Zoleka pun sering berbicara dengan tokoh masyarakat yang ada dan memahami lebih dalam kondisi dan kebutuhan warga Desa Karang Asih.

Ternyata dibandingkan kebutuhan sandang dan pangan, warga di sini membutuhkan sesuatu yang lebih, yaitu pemberdayaan. Ada banyak anak-anak muda di desa yang kehilangan kesempatan untuk menyelesaikan pendidikan. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan untuk menemukan pekerjaan yang bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka dan keluarga. Akibatnya, ada ibu-ibu yang harus turut mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan turun ke jalan dan mengamen.

Karena itu, Rumah Zoleka pun didirikan di desa ini sebagai wadah pemberdayaan masyarakat. Di Rumah Zoleka, semua orang yang hadir akan mendapatkan ilmu baru lewat program kelas yang berbeda-beda. Untuk anak-anak muda, ada kelas untuk belajar Bahasa Inggris dan Komputer dengan fasilitas yang sudah tersedia di dalam Rumah Zoleka. 

Anak-anak PAUD juga bisa ikut kelas Calistung (Baca- Tulis- Hitung) bersama kakak-kakak volunteer. Ke depannya, ada rencana untuk membuka kelas keterampilan untuk menambah skill ibu-ibu di Desa Karang Asih secara gratis.

Saat ini, kegiatan di Rumah Zoleka sudah berjalan dengan baik. Sebanyak 44 anak dari rentan usia 8 hingga 15 tahun sudah terdaftar dalam kelas yang dibuka. Rumah Zoleka berlokasi di Ruko Taman Pelangi, Jl. Jagal - Jagawana no.5 Desa Karang Asih,  Cikarang Utara, Bekasi. Di dalamnya, sudah terdapat fasilitas seperti Televisi, Komputer, Laptop, dan OHP untuk menunjang proses belajar mengajar. 

Human Empowerment: Meningkatkan Pemberdayaan Warga di Rumah Zoleka

Proses pembelajaran pertama sudah dilaksanakan pada Hari Kamis, 13 Januari Lalu. Peresmian Rumah Zoleka sendiri diadakan pada Hari Sabtu, 5 Februari lalu dan dihadiri oleh Ibu Irene Ridjab selaku Founder Zoleka. Dalam acara ini, dilakukan juga pemotongan tumpeng sebagai simbolis peresmiannya. Saat ini, sudah ada banyak volunteer yang terdaftar dan mulai aktif mengajar di Hari Minggu. 

Diharapkan dengan adanya Rumah Zoleka bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup warga Desa Karang Asih dengan menciptakan individu yang mandiri dan berkualitas. Semoga dengan ilmu dan keterampilan yang didapatkan, para warga bisa menemukan jalan hidup yang lebih luas tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan warga sekitarnya. Tentunya semua ini hanya dapat berjalan bila ada dukungan dari masyarakat luas. 

Bila Zolekawan juga ingin memberikan dukungan untuk warga Desa Karang Asih, saat ini Rumah Zoleka masih terbuka menerima volunteer, seperti untuk tenaga pengajar. Jika berada jauh atau berhalangan, Zolekawan juga bisa berbagi secara online lewat kitabisa.com. Semua kegiatan di Rumah Zoleka dan acara sosial Zoleka lainnya akan selalu diupdate di Instagram @partofyourhope.