Ingin Jarum Timbangan Geser ke Kiri? Tahu Dulu 7 Fakta Diet Ini

Diet memang selalu menjadi kegiatan menarik yang banyak dibahas. Zolekawan tentu pernah mendengar tentang berbagai jenis diet dan olahraga yang bisa mengurangi berat badan. Bila Zolekawan sudah mau memulai perjuangan diet, sebaiknya ketahui dulu 7 fakta diet ini. Lakukan diet dengan sehat dan pantang menyerah!

 

  1. Dalam 1 hari, sering makan dalam porsi sedikit setara dengan 3 kali makan berat

Ternyata sering makan sedikit itu memang bisa menjadi pengganti jadwal makan 3 kali sehari. Liputan6 mengutip penelitian Universitas Missouri tahun 2013 yang membuktikan hal ini. Tapi Zolekawan juga harus hati-hati jangan sampai mengonsumsi kalori yang lebih banyak dari 3 kali makan. Ini malah membuat diet jadi tidak efektif.

 

  1. Kurangi asupan makanan bisa membantu memaksimalkan diet

Seperti yang sudah kita ketahui, mengurangi makan memang bisa membantu diet. Lebih tepatnya adalah mengurangi kalori yang dikonsumsi. Kurangilah makanan cepat saji, makanan dan minuman manis, makanan dengan tepung, dan makanan bernatrium tinggi. Semua jenis makanan ini bisa mengurangi air dalam tubuh. Belum lagi nutrisi yang dikandung sangat rendah dan bisa berpengaruh pada berat badan kita.

 

  1. Diet tidak harus mengurangi 3.500 kalori

Zolekawan tidak harus terpatok dengan angka 3.500 kalori. Cara menghitung kebutuhan kalori yang tepat adalah dengan memperhitungkan berat saat ini, usia, dan konsumsi kalori sehari-hari. Zoleka menyarankan untuk mengecek berat BMI (Body Mass Index), yaitu berat yang secara medis baik untuk kesehatan. Zolekawan cukup menentukan berat sehat yang diinginkan untuk menjadi target diet Anda. 

 

  1. Olahraga berlebihan tidak bagus untuk diet

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian lho. Dalam penelitian yang dikutip oleh Fimela, sebuah kajian melibatkan 411 perempuan yang terbagi menjadi kelompok berolahraga berat (1-3 jam lebih per minggu), kelompok berolahraga sedang, dan kelompok berolahraga ringan. 

Hasil penelitian menunjukkan penurunan berat paling tinggi ada pada kelompok olahraga ringan, diikuti kelompok olahraga berat, dan terakhir kelompok olahraga sedang tidak mengalami penurunan. Penjelasan biologisnya menyebutkan badan menyesuaikan diri dengan peningkatan olahraga dengan mengurangi waktu istirahat metabolisme. Jadi kekurangan kalori hanya kurang dari 50-75 kalori per hari.

Namun tetap lakukan olahraga ya, Zolekawan. Karena olahraga bisa membuat pinggang mengecil dan membentuk tubuh menjadi lebih langsing dan padat. Selain itu, lingkar pinggang merupakan indikator penting untuk kesehatan, seperti ancaman penyakit jantung atau diabetes.

 

  1. Goals yang menantang bisa bantu diet

Zolekawan suka ditertawakan karena target diet yang terlalu mengada-ada? Jangan salah, ini bisa membantu diet lho. Awalnya target tinggi ini dianggap bisa menurunkan motivasi saat diet karena selalu gagal.

Tapi penelitian di Belanda justru menunjukkan hasil yang berbeda. Karena target yang makin besar akan memotivasi usaha yang makin besar, sehingga target pun bisa tercapai. Ambisi ini bisa meningkatkan tenaga yang dikeluarkan, motivasi diet, juga membuat Zolekawan makin banyak bergerak. Jadi tetapkan target yang tinggi misalnya dengan mengurangi 14% dari berat badan sekarang. 

 

  1. Tidak perlu menghindari karbohidrat

Pada dasarnya, semua jenis nutrisi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, bila memang menjalani diet karbohidrat, sebaiknya tetap jaga jangan sampai kurang dari 300 kalori per hari. Zolekawan bisa memilih makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, minyak sehat, dan daging-daging tanpa lemak.

 

  1. Susu tidak membantu diet

Dari 29 penelitian dari Harvard, mereka menemukan bahwa susu memang bisa membantu diet dalam jangka pendek. Namun dalam kajian berdurasi setahun atau lebih, mereka yang tidak membatasi kalori dan rajin minum susu justru mengalami kenaikan berat dibandingkan mereka yang tidak. Sebagai gantinya, Zolekawan bisa memilih yogurt karena bisa membantu diet dalam jangka panjang. 

Itulah tadi fakta-fakta diet perlu Zolekawan ketahui sebelum memulai diet. Dengan ini, Zolekawan bisa menghindari cara diet yang salah dan menemukan metode yang lebih cocok. Semangat dalam perjuangan Zolekawan dan tetap fokus mengejar target Anda.