February 25, 2022 | Life Style

Ingin Mulai Bersepeda? Yuk Kenali Dulu Jenis-Jenis Sepeda yang Ada

Bersepeda adalah salah satu kegiatan olahraga yang populer. Karena tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu transportasi, bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Cukup dengan memiliki sebuah sepeda, Anda sudah bisa menyehatkan badan sambil menikmati pemandangan kota.

Tertarik untuk mulai bersepeda? Sebelum membeli sepeda baru untuk Anda sendiri, sebaiknya Anda mengenal dulu jenis-jenis sepeda yang ada. Tiap jenis sepeda memiliki fungsi dan keunikannya sendiri. Karena itu, Anda harus mengetahuinya untuk bisa memilih sepeda yang tepat. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini. 

 

1. Sepeda Gunung

https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/06/29/terbaru-daftar-harga-sepeda-gunung-polygon-pacific-dan-united-polygon-cascade-mulai-rp-27-juta

Seperti namanya, sepeda gunung atau Mountain Bike (MTB) adalah jenis sepeda yang awalnya dibuat untuk digunakan di daerah pegunungan. Sepeda ini memiliki banyak ciri-ciri, mulai dari kerangka yang besar, roda khusus dengan tapak lebar dan cengkerama yang kuat, shock breaker di roda, dan lain-lain. 

 

Namun sekarang, sepeda gunung juga sudah bisa di luar pegunungan. Anda bisa menggunakannya di jalan datar, menanjak, bergelombang, dan jalan tidak datar lainnya. Karena bisa dipakai di banyak medan, sepeda ini cocok untuk berolahraga di mana saja, jalan offroad, atau sekedar di jalan datar. Sepeda ini juga tersedia untuk seluruh usia, dari anak-anak hingga dewasa.

 

2. Sepeda Balap

https://www.decathlon.co.id/in/sepeda-balap/307028-54298-triban-rc-100-road-bike.html

Sepeda balap atau road bike adalah jenis sepeda yang dirancang ringan dan sporty untuk mencapai kecepatan tinggi. Tanpa shock breaker, sepeda tipe ini bisa mencapai kecepatan 60 km/jam di jalan raya. Mengenali sepeda balap sangat mudah karena bentuk setirnya yang unik. 

 

Biasanya tempat genggaman tangan melengkung ke bawah sehingga memudahkan pengendara merendahkan tubuh untuk mencapai aerodinameter yang ideal. Jenis sepeda balap sendiri ada 3, antara lain aero, endurance, dan lightweighter. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memakai sepeda ini untuk berangkat ke kantor, bersantai di taman, atau sekedar olahraga biasa. 


3. Sepeda
Hybrid

https://www.sepeda.me/wp-content/uploads/2020/06/Sepeda-Hybrid-Polygon-HEIST-X2.jpg

Sepeda hybrid merupakan gabungan dari sepeda balap dan sepeda gunung. Sepeda ini memiliki rangka yang besar dan shock breaker di depan seperti sepeda gunung. Hanya saja, sepeda tipe ini memiliki gear yang lebih sedikit dan desain yang simpel. Sehingga tipe sepeda ini cocok untuk bersepeda santai. Jenis sepeda ini cocok untuk Anda yang tinggal di kota dengan jalanan datar. Anda bisa memakainya untuk jalan-jalan sekaligus alat transportasi ke kantor atau sekolah.

 

4. Sepeda BMX

https://lifestyle.kontan.co.id/news/baru-ini-daftar-seri-dan-harga-sepeda-bmx-united-2020-yang-sudah-ada-di-pasaran

Sepeda BMX adalah sepeda khusus yang digunakan untuk olahraga balap sepeda dengan atraksi khusus yang ekstrem. BMX sendiri adalah singkatan dari bicycle moto cross dan mulai populer pada tahun 1960-an di California, Amerika Serikat. Jenis olahraga ini juga populer di Indonesia. Bahkan pada Olimpiade Rio 2018, Indonesia mengirimkan seorang atlet putra untuk bertanding di seri BMX SX. 

 

Jenis sepeda ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba aksi ekstrem atau memakainya di medan ekstrim. Hal ini dikarenakan sepeda BMX memiliki fleksibilitas yang tinggi dan ketahanan yang tinggi. Karena ini juga, Anda bisa membelikan sepeda ini untuk anak yang aktif bermain. 

 

5. Sepeda Lipat

https://oto.detik.com/oto-galeri/d-5630856/sepeda-lipat-ducati-seharga-aerox

Sepeda ini merupakan pilihan cocok untuk Anda yang tinggal di daerah padat penduduk. Hal ini dikarenakan sepeda ini mudah bisa dilipat sehingga mudah disimpan dan dibawa. Anda bahkan bisa melihatnya dibawa ke dalam transportasi umum seperti kereta dan bus. Namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Sepeda jenis ini hanya cocok untuk rute pendek dan sebaiknya jangan dipakai di medan berat. 

 

6. Sepeda Fixie

https://www.blibli.com/p/frame-sepeda-fixie-tsunami-snm-300-fixed-gear-brand-tsunami/is--INE-70037-00055-00001

Dibandingkan sepeda lainnya, mungkin Anda lebih jarang melihat jenis ini. Sepeda Fixie pernah populer di masyarakat sebelum dikalahkan jenis sepeda lainnya. Salah satu alasannya karena sepeda Fixie tidak dibekali rem. Dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa menggunakanya. Namun sepeda ini tetap memiliki penggemarnya karena desain yang unik dan bisa dimodifikasi sendiri agar bisa memiliki rem.

 

Itulah 6 jenis sepeda yang sering ditemui saat ini. Tipe-tipe sepeda ini memiliki keunikan dan kegunaannya sendiri. Anda bisa memilih tipe sepeda yang cocok dengan kebutuhan dan lingkungan sekitar Anda agar bersepeda menjadi lebih nyaman. 



Sumber: Decathlon dan bhinneka