October 15, 2022 | Health Health

Kebiasaan sehat untuk menurunkan berat badan

Dalam banyak kasus, masyarakat yang menjalani program diet selama jangka waktu tertentu tidak mendapatkan hasil sesuai ekspektasi. Di mana mereka menginginkan penurunan berat badan yang signifikan, justru mengalami kenaikan yang masif. Hal ini terjadi karena banyak faktor, seperti yang akan dijelaskan dalam pembahasan kali ini.

Zolekawan, tahukah anda bahwa mengurangi porsi makan saja tidak cukup untuk mengurangi timbangan berat badan. Sebab, penyebab naiknya berat badan itu sendiri bisa datang dari banyak sisi, termasuk di antaranya perilaku kebiasaan sehari-hari, kondisi psikis, kebiasaan sehat yang dilanggar, dan banyak lagi.

Kebiasaan sehat untuk menurunkan berat badan

Jika Zolekawan termasuk salah satu orang yang mengalami hal ini, yaitu program diet yang tidak efektif, tidak perlu khawatir sebab Zoleka akan menyajikan 10 tips yang bisa anda terapkan agar mendapatkan berat timbangan yang ideal. Zolekawan dapat memilih mana kebiasaan yang paling cocok dengan kondisi anda masing-masing.

  1. Membiasakan Dengan Air Putih
    Air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya adalah menetralisir racun, menyuplai oksigen ke seluruh tubuh, dan lain sebagainya. Termasuk untuk program diet, meminum air putih dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Terlebih sebelum makan, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih.
  2. Pola Makan Rutin
    Memakan makanan sehat secara rutin tidak saja menjaga kondisi tubuh tetap fit. Namun, bisa juga untuk menghilangkan racun-racun serta zat kimia yang ada di dalam tubuh anda. Hindari makan makanan dengan porsi yang berlebihan, hindari mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menambah berat badan anda.

  3. Olahraga Beban
    Selanjutnya adalah berolahraga dengan mengangkat beban atau sejenisnya. Kebiasaan olahraga jenis ini akan membantu anda mendapatkan tubuh yang sangat ideal, lemak-lemak jenuh yang berada di bagian-bagian tertentu akan lenyap. Tergantikan dengan massa otot yang semakin kencang, kulit menjadi semakin bersinar dan pikiran pun jernih.

  4. Atur Pola Tidur
    Hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk anda perhatikan adalah pola tidur. Selain dapat menambah berat badan tubuh, pola tidur yang salah juga rentan merusak sistem bagian dalam pada tubuh. Seperti halnya ginjal dan paru-paru, kasus ini sering terjadi untuk orang-orang yang jarang tidur di malam hari atau keluar rumah hingga menjelang pagi.

  5. Kontrol Berat Badan
    Mengontrol berat badan setiap periode tertentu, seperti dua hari sekali atau sehari sekali setiap sore misalnya. Hal tersebut akan membantu anda mengukur sejauh mana keefektifan kegiatan diet yang anda lakukan. Jika grafik penurunannya tidak signifikan, cenderung tetap atau bahkan naik, anda harus lebih ketat dalam menjaga pola makan dan pola tidur.

  6. Mengunyah Makanan Dengan Perlahan
    Dalam program diet mana pun, tidak hanya jenis makanan yang perlu kita perhatikan. Cara atau proses makan pun harus menjadi perhatian utama. Pencernaan cenderung membutuhkan proses yang sangat lama untuk melumat makanan yang tidak terkunyah dengan baik. Selain tidak bagus untuk organ pencernaan, itu juga dapat menumpuk lemak.

  7. Belajar Dengan Intensif
    Mengapa belajar dengan intensif dapat menurunkan berat badan? Banyak yang belum menyadari, bahwa belajar itu sendiri juga merupakan salah satu olahraga, yakni olahraga otak yang juga akan menguras banyak tenaga. Seperti halnya pesepakbola atau tukang kuli panggul, seseorang akan merasa kelelahan saat berpikir keras.

  8. Mengonsumsi Sayuran
    Tidak diragukan lagi, sayuran merupakan bahan makanan yang utama dan sangat baik bagi tubuh manusia. Anak-anak sejak dini selalu didorong untuk menyukai sayuran, meskipun beberapa jenis sayuran itu memiliki rasa yang tidak enak, nyatanya sayuran tetap memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bagi kesehatan tubuh.

  9. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat
    Konsumsi karbohidrat yang sangat berlebihan akan menyebabkan kegemukan bagi pengonsumsinya. Untuk anda yang sedang menjalankan program diet, lebih baik agar mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

  10. Hindari Stress
    Terakhir adalah menghindari stress. Banyak cara untuk menghindari kondisi psikis yang satu ini. Mulailah dengan hobi, misalnya. Anda bisa bergabung ke dalam komunitas dan mengobrol sesekali untuk menghilangkan stress. Atau, anda juga pergi ke tempat rekreasi dan lain sebagainya.

Nah, 10 tips yang telah dipaparkan di atas adalah langkah-langkah efektif yang dapat anda lakukan sehari-hari. Dengan memulai kebiasaan hidup sehat, bukan hanya turun berat badan saja yang bisa anda dapatkan. Namun, juga bentuk tubuh yang ideal serta massa otot yang sempurna. Bagi laki-laki, tentunya akan sangat menarik bukan? Pun bagi wanita, kebiasaan hidup sehat akan membuat anda semakin awet muda