February 28, 2022 | Life Style

Lengkapi 4 Perlengkapan Bersepeda ini Sebelum Gowes

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati orang. Namun sebagai jenis olahraga yang dilakukan luar ruangan, resiko kecelakaan dan cedera semakin tinggi. Misalnya terjatuh dari sepeda atau lainnya. Apalagi bila Anda bersepeda di waktu, tempat, atau kondisi yang beresiko tinggi.

Misalnya bila Anda bersepeda di atas tanah tidak datar, seperti pegunungan atau tanah berbatu. Atau Anda lebih memilih bersepeda di malam hari karena berbagai berbagai alasan. Jika Anda sering bersepeda atau rutin bersepeda setiap hari, resiko luka juga lebih tinggi. Karena itu, perlengkapan bersepeda pun menjadi barang wajib untuk dimiliki.

Perlengkapan bersepeda bisa melindungi bagian penting tubuh Anda dari luka atau cedera. Selain itu, perlengkapan ini juga bisa membantu Anda bersepeda dengan lebih nyaman. Barang-barang ini juga bisa membuat penampilan Anda lebih keren dengan desain yang sporty. Apa saja perlengkapan sepeda yang perlu Anda miliki? Berikut daftar lengkapnya.

1. Helm sepeda

https://sehatqcontent.s3.amazonaws.com/content/article/Main/helm%20sepeda.jpg

Helm sepeda adalah perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan, baik oleh pesepeda pemula maupun senior. Helm berfungsi melindungi kepala dari kemungkinan luka yang terjadi. Karena itu, fungsinya sangat penting. Tidak hanya itu, helm sepeda juga bisa melindungi kepala dari sinar matahari dan menjaga mata tidak silau. Bila belum cukup, Anda juga menambah perlindungan dari kacamata. Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih helm sepeda adalah kenyamanan saat memakainya. Jangan memilih helm yang terlalu ketat maupun longgar. Keduanya akan menurunkan efektifitas perlindungan helm untuk kepala Anda.


2. Pakaian khusus bersepeda

https://sehatqcontent.s3.amazonaws.com/content/article/Main/helm%20sepeda.jpg

Pakaian olahraga khusus untuk bersepeda akan membuat Anda lebih nyaman selama gowes. Untuk memilih pakaian yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pilih baju dengan punggung dan lengan yang panjang agar terlindungi saat berada di posisi maju di sepeda.
  • Pilih baju yang berukuran pas di badan. Hal ini karena baju yang longgar bisa menyebabkan angin (udara) terperangkap, suara bising, dan terasa lembab karena keringat.
  • Pilih baju dan celana dengan warna yang cerah seperti fluoro cerah dan memiliki panel reflektif untuk meningkatkan visibilitas. 
  • Pilih celana dengan bantalan khusus agar Anda bisa duduk dengan lebih nyaman saat bersepeda lebih lama.
  • Pilih celana dengan resleting agar mudah dilepas pasang tanpa perlu melepas sepatu. 


3. Sarung tangan

Lengkapi 4 Perlengkapan Bersepeda ini Sebelum Gowes

Sarung tangan memiliki banyak fungsi saat bersepeda. Sarung tangan pasti bisa melindungi tangan dari sinar terik matahari dan cuaca dingin. Tangan Anda juga terlindung dari luka bila terjadi kecelakaan. Perlengkapan ini juga bisa meredam getaran sehingga mengendarai sepeda menjadi lebih baik. Sarung tangan juga menambah kenyamanan dan daya cengkram di stang sepeda. Sangat berguna bukan?

 

4. Sepatu

https://sehatqcontent.s3.amazonaws.com/content/article/Main/helm%20sepeda.jpg

Sepatu khusus bersepeda memiliki keunggulan ringan dan nyaman. Selain itu, bentuknya juga dirancang agar pas dengan pedal sepeda. Memakai sepatu biasa untuk bersepeda tidak dianjurkan. Karena sepatu dengan sol yang terlalu fleksibel, bisa membuat kaki menjadi lebih cepat lelah saat mengayuh. 

Selain itu, bila sol sepatu Anda licin, kenyamanan mengayuh Anda bisa menurun dan meningkatkan resiko kecelakaan. Memakai sandal jepit saat bersepeda juga tidak disarankan karena tidak bisa memberikan perlindungan yang maksimal. Karena itu, disarankan untuk membeli sepatu khusus bersepeda.

Itulah tadi 4 jenis perlengkapan yang wajib dimiliki saat bersepeda. Tentunya ada juga benda-benda lain seperti pelindung siku dan lutut, botol air, kacamata, dan lain-lain yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Semua perlengkapan ini bisa menambah kenyamanan dan keamanan Anda saat berolahraga sepeda. Jangan lupa lengkapi perlengkapan bersepeda Anda dan selamat berolahraga!



Sumber: prambors, sehatq, Tempo, polygon bikes