November 4, 2022 | Life Style Life Style

Malas Olahraga? Baca Dulu 5 Manfaat Besar Bersepeda Setiap Minggu

Bersepeda adalah salah satu olahraga populer di perkotaan. Hal ini karena olahraga ini sangat mudah dilakukan baik di tempat terbuka maupun di jalan. Selain itu, bersepeda juga bisa digunakan sebagai pengganti metode transportasi dari kantor, sekolah, ataupun tempat lainnya. Selain ramah kantong, tubuh pun menjadi sehat.

Namun tidak dipungkiri, terkadang rasa malas bisa melanda. Baik itu karena cuaca buruk, rasa lelah setelah beraktivitas, ataupun rasa mengantuk di pagi hari. Zolekawan jangan sampai kalah dengan rasa malas ini. Karena manfaat dari bersepeda bagi kesehatan tubuh itu sangat banyak. Yuk intip 5 manfaat besar bersepeda setiap minggu di bawah ini.

  1. Mengontrol berat badan
    Manfaat pasti dan tak perlu diragukan lagi adalah bersepeda dapat membantu kita mengontrol berat badan. Bahkan, kalau Zolekawan mau, bersepeda juga bisa menjadi sarana untuk menurunkan berat badan hingga berat ideal. Hal ini karena bersepeda dapat membantu pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, bersepeda juga dapat melatih otot, terutama otot kaki dan lengan. Hal ini karena Zolekawan harus terus mengayuh pedal sepeda supaya tidak oleng dan jatuh. Jadi, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

  2. Menjaga kesehatan jantung
    Bersepeda sendiri termasuk olahraga kardio yang bisa menjaga kesehatan jantung dan paru-paru serta memperlancar sirkulasi darah. Jadi dengan melakukan olahraga satu ini secara rutin, Zolekawan bisa menurunkan kadar lemak dalam darah. Peredaran darah pun menjadi lebih lancar dan terbukti memiliki efek positif bagi Anda yang menderita hipertensi.

  3. Meningkatkan sistem imun
    Tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung, bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan berolahraga secara rutin, imunitas tubuh bisa menjadi lebih kuat. Tubuh pun menjadi lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit. Apalagi di di tengah cuacanya suka berubah-ubah ini.

  4. Menurunkan risiko depresi
    Di masa sekarang, stress semakin banyak dirasakan masyarakat, baik karena tekanan kerja, pendidikan, maupun dari sisi lainnya. Nah, bersepeda dengan rutin bisa membantu menurunkan risiko depresi. Hal ini karena saat bersepeda, tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang bisa menjadikan kita merasa bahagia. Selain itu, stress, depresi dan kecemasan lainnya juga bisa hilang.
  5. Membantu mengatasi insomnia
    Manfaat lain bersepeda secara rutin adalah bisa mengatasi insomnia. Kondisi yang juga dikenal sebagai susah tidur ini bisa menyebabkan imunitas tubuh menurun juga mengganggu metabolisme tubuh. Jadi agar tubuh tetap sehat, cobalah bersepeda secara rutin dan jadwalkan jam tidur dengan teratur. 

Itulah tadi 5 manfaat besar bersepeda secara rutin untuk tubuh kita. Ternyata bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sering kita temui ya. Menurut AloDokter, cukup luangkan waktu 150 menit dalam 1 minggu untuk bersepeda, Zolekawan bisa mendapatkan efek terbaik untuk tubuh. SehatQ juga menyarankan jam 2-6 sore sebagai waktu terbaik untuk berolahraga. Ayo bangun dan bawa sepedamu keluar rumah!