August 26, 2022 | Rumah Zoleka

Nasehat Ibu Irene Dalam Event Hari Kemerdekaan RI ke-77 Tentang Generasi Strawberry

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Rumah Zoleka mengadakan Event yang seru. Event tersebut berlangsung pada tanggal 14 Agustus 2022 di mana Ibu Irene (Founder Rumah Zoleka) sendiri yang membawakan nasehat-nasehat penting pada sesi pembukaan acara tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini, Zoleka akan mengulas apa saja nasehat Ibu Irene selama 40 menit dalam sesi pembukaan tersebut. Pastinya, nasehat-nasehat ini sangat penting bagi anak-anak Rumah Zoleka secara khusus dan untuk anak-anak secara umum. Ibu Irene memberikan nasehat tentang “generasi strawberry” dan bagaimana agar terhindar darinya.

Meningkatkan Semangat Juang

Perlu diketahui sebelumnya, generasi strawberry adalah istilah untuk anak-anak muda yang saat ini memiliki gagasan-gagasan kreatif yang tinggi sementara semangat juangnya sangat rendah. Ia memiliki berbagai ide cemerlang di dalam pikirannya, namun tidak memiliki hasrat untuk memperjuangkannya.

Nah, untuk itu, pertama-tama Ibu Irene memberikan pesan kepada kita semua untuk tidak mudah putus asa, tidak gampang sakit hati, apalagi gampang menyerah. Kita harus senantiasa mengingat bahwa di dalam hidup selalu ada proses, dan dalam proses tersebut butuh perjuangan yang tidak instan.

Set A Plan

Kita harus memiliki pandangan dalam hidup yang jelas dan realistis. Semua hal yang diimpikan haruslah sesuatu yang nyata, dan masuk akal untuk dicapai. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan banyak bersosialisasi dengan orang-orang yang berpengalaman.

Tentukan target yang ingin kita capai, apa saja yang harus kita lakukan agar tujuan tersebut dapat kita raih. Bagaimana langkah-langkah untuk melakukannya, banyak bersosialisasi dengan masyarakat, dan lain sebagainya. 

Peduli Terhadap Diri Sendiri

Peduli terhadap diri sendiri bukan dalam artian tidak peduli dengan orang lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah memiliki rasa tanggung jawab untuk bisa melakukan sesuatu dengan baik. Kita harus mempedulikan tugas kita sebagai apa, jika sebagai pelajar, maka kita harus senantiasa rajin belajar agar diri kita sukses sebagai pelajar yang berprestasi.

Hargai waktu yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan tersebut. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat karena itu sama saja merugikan diri sendiri. Jangan sia-siakan kesempatan yang menghampiri kita. Banyak-banyak intropeksi diri dengan mengukur kemampuan kita seberapa jauh, sedalam mana komitmen dan kedisiplinan kita terhadap tanggung jawab.

Mempunyai Semangat Juang Yang Tinggi

Jangan mudah putus asa, jangan cepat menyerah. Berusahalah untuk bebas dari zona nyaman dan ikutilah proses dengan berani. Hadapilah semua tantangan dan rintangan yang menghadang. Selama proses tersebut, nantinya akan ada banyak kesempatan yang menyambut dalam perjalanan. 

Pelajarilah apa pun yang dapat dipelajari sebanyak mungkin. Buatlah dirimu sebagai pribadi yang penuh arti. Sebab, di zaman sekarang bukan hanya asupan ilmu pengetahuan saja yang penting akan tetapi pelatihan mental juga gak kalah pentingnya.

Menentukan Skala Prioritas

Skala prioritas merupakan sudut pandang yang digunakan untuk mengukur seberapa penting suatu hal untuk didahulukan. Dengan kata lain, kita bisa memilih hal apa dulu yang bisa kita kerjakan. Belajar melatih fokus untuk memperjuangkan hal-hal yang menjadi tujuan kita terlebih dahulu.

Ketahui apa saja yang kita butuhkan di dalam hidup kita. Apa saja yang harus kita miliki, bukan berarti apa pun yang menjadi keinginan kita. Seperti contoh, hal yang harus ada di dalam hidup kita sehari-hari adalah makanan, tempat tinggal, dan pakaian atau obat-obatan, tidak akan berubah seiring berjalannya waktu.

Sedangkan keinginan dapat kita letakkan di bawah porsi kebutuhan. Keinginan sendiri merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita, yakni sesuatu yang kita harapkan dapat kita miliki. Contohnya seperti style gaya dan berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Nah, intinya, agar kita terhindar dari virus ‘generasi strawberry ini, kita harus memiliki setidaknya 3 hal penting, yakni daya juang yang tinggi (Fighting Spirit), memiliki pikiran untuk menentukan tujuan dengan baik dan benar (The Right Mindset), dan memiliki pribadi yang positif dan bersosialisasi dengan baik (Good Character).

Demikian ulasan yang dapat Zoleka paparkan tentang nasehat Ibu Irene dalam event Rumah Zoleka. Sekian, semoga bermanfaat.