January 13, 2022 | Zoleka Social Act

Pembagian Tas Kebahagiaan Buy 1 Donate 1 Zoleka

Anak-anak Indonesia hingga saat ini masih mengalami kesulitan dalam memperoleh pendidikan. Menurut Retno Listyarti, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), angka putus sekolah di Indonesia terutama menimpa anak-anak dari keluarga membutuhkan. Lima alasan utama mereka putus sekolah bisa karena menikah, bekerja, menunggak SPP, kecanduan bermain game, dan meninggal dunia.

Meski demikian, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun ajaran 2020/2021, terdapat 45,21 juta siswa yang masih bersekolah. Tidak heran bila di antara mereka, masih ada para siswa yang harus ketakutan akan putus sekolah suatu saat nanti. Bahkan ada yang juga yang bersekolah dengan fasilitas yang tidak memadai.

Salah satunya adalah tas. Benda satu ini adalah kebutuhan wajib para siswa agar bisa menyimpan dan membawa buku serta peralatan tulis dengan mudah. Menyadari pentingnya peran sebuah tas, Zoleka berniat membantu siswa di Indonesia dengan membuka sebuah program sosial bernama Buy 1 Get 1.

Irene Ridjab, Founder Zoleka, menjelaskan bahwa Buy 1 Donate 1 adalah program terbuka untuk masyarakat yang mendukung, memberi semangat, dan membawa perubahan kepada anak-anak sekolah. Hal ini dikarenakan bagi mereka, tas ini bukan hanya sekedar benda yang membantu mereka dalam belajar, tetapi juga kepedulian dan kebaikan yang mereka terima. 

Tidak hanya itu, tas yang diberikan ini adalah karya para narapidana di lembaga pemasyarakatan. Mereka semua tergabung dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 2.800 unit tas yang disalurkan antara bulan Juni hingga Desember 2021.

Seperti namanya, Buy 1 Donate 1 Zoleka ini akan menambah 1 tas yang akan disalurkan kepada para siswa setiap penjualan 1 produk apa pun di Zoleka. Brand Sociopreneur ini bergerak di bidang Urban Sport Apparel dan sudah berdiri sejak tahun 2016. Produk-produk yang ditawarkan antara lain tas, jaket, sarung tangan, kaos, dan lain-lain.

Tas yang terkumpul dari hasil penjualan tiap bulannya akan disalurkan ke berbagai tempat yang berbeda. Tahun lalu, ada 34 lokasi yang tercapai, termasuk Bengkulu Utara, Kalimantan Selatan, Tangerang, Jakarta, Cikarang, Depok, Bogor, Bandung, Rote, dan lain-lain. Proses pembagian ini melibatkan banyak mitra, baik kelompok maupun individu. Mereka adalah orang-orang yang peduli dan bersedia membantu penyaluran bantuan ke daerah terpencil di Indonesia.

Pembagian Tas Kebahagiaan Buy 1 Donate 1 Zoleka

Para siswa-siswi yang menerima tas menunjukkan kebahagiaan yang besar saat menerima tas baru dari Zoleka. Seperti yang dikatakan oleh Wesly Bella, salah satu siswi SMA Kristen ISRA di pulau Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang menerima donasi ini. “Terima kasih Zoleka sudah datang ke Rote untuk membantu kami. Sangat membantu sekali untuk menunjang pendidikan kami. Semoga sukses selalu,” kata Wesly.

Proses pembagian tas juga dilaksanakan bersama dengan anak-anak dari PAUD Benih Bangsa. Sebanyak 150 tas akumulasi penjualan produk pada bulan Februari 2021 diberikan kepada anak-anak. Lokasi paling selatan di Indonesia ini adalah lokasi terjauh yang pernah Zoleka capai hingga saat ini.

Joko Santoso, salah satu anggota tim penyelenggara pembagian Buy 1 Donate 1 di Desa Kalijaya, Cikarang, Jawa Barat juga mendukung program sosial ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat sasaran dan anak-anak Kalijaya memang sangat membutuhkan bantuan ini. 

“Senang rasanya karena bisa berpartisipasi untuk membagikan bantuan ini. Anak-anak merasa senang saat menerima bantuan dan diharapkan bantuan tersebut dapat digunakan dengan baik bukan hanya di Kalijaya, tetapi juga di wilayah lain yang membutuhkan,” kata Joko Santoso.

Zoleka masih akan menyalurkan lebih dari 3.000 tas di awal tahun 2022 ini. Anda juga bisa ikut bantu mereka dengan berkunjung ke website Zoleka dan temukan produk yang Anda suka. Anda juga bisa mengecek marketplace milik Zoleka di Shopee dan Tokopedia. Tentunya Buy 1 Donate 1 ini hanya salah satu bagian dari program Social Act Zoleka. Selain ini, masih ada program Human Empowerment yang juga membantu orang-orang yang membutuhkan. Anda bisa mengecek kegiatan dan cara berpartisipasinya di website Zoleka.