July 27, 2022 | Health Health

Selain Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental Perlu Untuk Dijaga  

Mental adalah tabiat atau sifat batin manusia yang mempengaruhi segala perilaku atau budi pekerti. Jika seseorang mentalnya baik, tentu ia memiliki pikiran dan perilaku yang baik. Tetapi jika mental seseorang sudah rusak, kepribadiannya dan pikirannyan juga akan rusak. Secara definitif, belum ada kepastian definisi yang jelas dari para ahli kejiwaan. Tetapi secara etimologi kata "mental" berasal dari Bahasa Yunani, yang memiliki arti priskis, jiwa atau kejiwaan.

Dalam menjaga kesehatan mental,  banyak cara yang bisa dilakukan. Bila mentalmu sehat, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan  baik, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, serta lebih produktif dalam melakukan sesuatu.  

Beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas mental adalah dengan  melakukan perubahan pola hidup yang lebih baik. Perubahan ini dapat dipastikan mempengaruhi semua  aspek kehidupan. Maka dari itu, pentingnya menjaga kesehatan mental adalah suatu hal yang mutlak  untuk dilakukan. Kamu akan merasakan beberapa efek dan manfaat baik dengan menjaga kesehatan  mental diantaranya seperti perubahan suasana hati, dapat berpikir jernih, dan menenangkan jiwa.  

Dalam hal ini, Zoleka akan memberikan 7 tips untuk menjaga kesehatan mental. Simak penjelasannya  dibawah ini :

  1. Tetap Produktif
    Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas agar tetap produktif,  misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan. Pada saat beraktivitas, seseorang bisa  menciptakan suasana sesuai yang diinginkan sehingga dapat memberikan rasa nyaman.
  2. Jalani Gaya Hidup Sehat
    Dengan menjalani gaya hidup sehat, tidak hanya membuat tubuh anda terasa lebih fit dan sehat,  tetapi juga bisa membuat kesehatan mental lebih terjaga. Menjalani gaya hidup sehat dapat  dilakukan dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik. Oleh karena itu, menjalani gaya hidup yang  sehat akan berdampak kepada kesehatan mental. Bahkan, menjaga kesehatan mental dengan  istirahat yang cukup dapat membantu otak memperkuat ingatan dengan memproses dan  menyimban informasi dalam jangka panjang.  
  1. Tetap Terhubung Dengan Orang Lain
    Sebagai makhluk sosial, kita perlu bersosialiasi dan terhubung dengan orang lain untuk bertahan  hidup. Bahkan untuk menjaga kesehatan mental, seseorang juga membutuhkan orang lain. Saat  kita berinteraksi dengan orang lain, secara tidak langsung otak kita akan terangsang untuk bekerja  dan berpikir secara lebih cepat. Saat berinteraksi dengan orang lain, kita bisa mulai berinteraksi  dari lingkungan terdekat misalnya dengan berkomunikasi dengan keluarga.  
  1. Fokus pada 1 Hal dalam 1 Waktu
    Kini, kita hidup di era multitasking yang dimana hari-hari kita berada didepan layar komputer,  tablet, ponsel, dan perangkat lainnya yang memungkinkan kita melakukan sepuluh hal sekaligus  dalam satu waktu. Dalam hal ini, tidak mudah untuk kita memutuskan suatu hal agar dapat lebih  fokus dan konsisten. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu anda agar  tetap fokus dalam 1 hal, diantaranya seperti mengacuhkan hal lain diluar hal yang difokuskan dan  tetap konsisten dalam mengerjakan hal yang sedang dikerjakan. Jangan mengerjakan semua hal  sekaligus dalam satu waktu karena dapat membuat pikiran menjadi stres, dan jika hal tersebut  dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental anda.  
  1. Berolahraga
    Kita perlu berolahraga agar tubuh kita tetap fit. Dengan berolahraga, dapat meningkatkan  sensitivitas otak terhadap hormone serotonin dan norepinerfrin yang bisa meredakan depresi.  Selain itu, dengan berolahraga juga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa  memunculkan perasaan positif. 
  1. Makan makanan bergizi
    Memenuhi kebutuhan dengan memakan makanan bergizi menjadi salah satu hal yang perlu  dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak hanya itu, jika kita memakan makanan yang  bergizi dan memenuhi semua kebutuhan nutrisi, dapat menghindari kamu dari berbagai gangguan  kesehatan mental. Meskipun tidak mudah, tetapi kamu bisa mengoptimalkan kesehatan mental  dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, pola makan dan olahraga  yang tepat juga dapat membuat kesehatan mental tetap terjaga.  
  1. Istirahat dan tidur tepat waktu
    Istirahat dan tidur tepat waktu merupakan hal penting yang harus dilakukan pada kehidupan  sehari-hari. Jika kita kurang tidur sesekali mungkin tidak masalah karena memang sulit kita hindari karena gaya hidup yang  sibuk, tetapi tidur yang cukup tetap harus menjadi prioritas karena dapat membuat perbedaan  besar bagi kesehatan mental kita secara keseluruhan.
    Kurangnya waktu tidur ataupun istirahat harus dihindari karena secara tidak langsung dapat  mempengaruhi suasana hati dan tubuh kita. Hal ini dapat menyebabkan efek psikologis negative  seperti konsentrasi yang buruk, mudah marah, membuat kita merasa sedih ataupun stres yang  berlebihan. Hal tersebut harus dihindari agar kesehatan mental kita tetap terjaga.  

Nah sekarang Zolekawan sudah mengetahui mengenai tips-tips untuk menjaga kesehatan mental.  Ikuti semua tips diatas agar Zolekawan dapat terhindar dari gangguan kesehatan mental dan  mulailah untuk menjalani hidup dengan pola hidup yang baik, sehat, dan teratur. Stay healthy Zolekawan!