Senang Berbagi Bersama Warga Kampung Cabang Pintu Air

Manusia adalah makhluk sosial, jadi sulit bagi kita untuk bisa hidup sendiri. Ada saatnya kita membutuhkan bantuan orang lain. Kita pun harus membalasnya dengan membantu orang lain pula. Berbagi adalah cara termudah untuk menunjukkan rasa kepedulian kita. Jangan pernah takut untuk berbagi. Berbagi tidak akan mengurangi apa yang kita miliki, tetapi malah melipat-gandakannya.

Zoleka terus berkomitmen untuk peduli dengan lingkungan sekitar dan membantu Rakyat Indonesia mencapai kebahagiaan. Karena itu, Zoleka tidak pernah berhenti merencanakan dan melaksanakan program sosial di berbagai kesempatan. Di masa pandemi seperti sekarang, Zoleka semakin rajin dan rutin membagikan bantuan untuk para warga di banyak lokasi.

Kali ini, tim Zoleka berkunjung ke Bekasi untuk berbagi dengan para warga di Kampung Cabang Pintu Air, Desa Karang Asih RT 04/ RW 09, Kecamatan Cikarang Utara. Pada Senin, 9 Agustus 2021, para tim tiba untuk melaksanakan acara bakti sosial di lokasi perumahan warga setempat.

Setelah sampai dan melihat langsung, ternyata kondisi di lapangan sangat menyesakkan dada. Semua bermula dari pencemaran air sungai dekat tempat warga mendirikan rumah. Air di sana sedikit demi sedikit berubah menjadi hitam dan berbau tidak sedap. Hingga sekarang, air sungai tak lagi mengalir. Semua karena limbah pabrik yang dibuang ke sana.

Zoleka Social Act: Senang Berbagi Bersama Warga Kampung Cabang Pintu Air

Warga pun kehilangan sumber air mereka satu-satunya. Air bersih menjadi sumber daya langka di Cikarang Utara. Opsi lain seperti sumur dan saluran air PAM tidak bisa menjangkau tempat tinggal mereka. Akibatnya, orang pinggiran sungai di sini pun tetap memakai air hitam tersebut untuk mencuci dan mandi sehari-hari.

Rumah-rumah warga di sini juga banyak terbuat dari kayu dan tripleks. Untuk berjalan mengelilingi kampung ke rumah warga, tidak jarang tim harus melewati jalan kecil dan jembatan kayu di atas air.

Melalui program ini, Zoleka berharap dapat meringankan beban hidup warga setempat. Inilah yang melatarbelakangi program aksi sosial pembagian paket kali ini. Ada 100 buah paket yang disediakan untuk para warga, berupa sembako dan baju bekas layak pakai. Semua paket dibungkus dalam plastik merah besar yang penuh.

Mengikuti aturan prosedur kesehatan, Zoleka pun melaksanakan program secara bertahap. Tidak banyak warga yang berkumpul di satu lokasi dan tidak ada kejadian desak-desakan. Para tim yang hadir juga berinisiatif untuk berkunjung langsung ke rumah warga satu per satu. Mereka berjalan memberikan bantuan kepada orang-orang pinggiran sungai secara door to door.

Ibu Irene Ridjab selaku Founder Zoleka juga ikut datang dan berpartisipasi langsung di acara ini. Beliau ikut menyerahkan paket bantuan langsung kepada warga. Ada juga anak-anak yang hadir dan menerima bantuan dari Zoleka. Ibu Irene sendiri merasa sangat senang bisa ikut serta dalam program di lapangan, membantu warga sekitar, dan melihat kondisi mereka secara langsung.

Senang Berbagi Bersama Warga Kampung Cabang Pintu Air

Penduduk Kampung Cabang Pintu Air terus berkata terima kasih selama aksi sosial. Mereka merasa terharu dan mengaku sangat terbantu dengan paket bantuan yang diberikan. Para tokoh pejabat desa bersama dengan warga sekitar juga mengucapkan rasa syukur atas sukses terlaksananya program bakti sosial kali ini.

“Banyak terima kasih kepada tim Zoleka atas kunjungan dan bantuan. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga kami. Semoga Zoleka makin maju dan makin laku semua produknya, Amin. Dan sehat selalu semua tim Zoleka,” kata Ketua RT Ibu Rimadona saat acara.

Tentunya bagi Zoleka, program ini juga tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan perangkat desa setempat. Selain Ibu Rimadona, ada juga Kepala Dusun Ibu Haji Rini Setiawati dan Ketua RW Bapak Sadam Mubarok. Don Priyanto selaku penanggung jawab acara bakti sosial Zoleka juga tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur.

Zoleka Social Act: Senang Berbagi Bersama Warga Kampung Cabang Pintu Air

“Terlaksananya kegiatan tentu juga karena dukungan dari donatur yang menyalurkan niat baiknya untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan,” kata Don. Dengan tersalurkannya paket sembako dan baju bekas kecil ini, tim Zoleka berharap para warga bisa terus bertahan dan tidak menyerah di kondisi pandemi ini.

Tentunya kondisi ini tidak hanya di Cikarang Utara saja. Pasti masih banyak rakyat Indonesia di tempat lain yang sedang kesulitan dalam hidupnya. Bahkan mungkin lokasi tersebut tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Kepedulian Anda akan membuka pintu baru bagi mereka untuk melewati masa sulit dalam hidup, seperti krisis pandemi saat ini. Hal ini bisa menolong mereka bertahan hingga roda kehidupan kembali berputar ke atas.

Bila Anda tahu dan ingin menolong mereka, Zoleka siap menjadi jembatan untuk berbagi. Zolekawan bisa langsung menghubungi lewat direct message (DM) Instagram @zoleka.id. Tidak ada kebaikan yang kecil karena pengaruhnya bisa melebihi dari apa yang dibayangkan. Maka siapapun bisa menjadi bagian dari #HappinessJourney dan menyebarkan kebahagiaan ke lebih banyak orang. Untuk informasi lebih lengkap mengenai detail program sosial Zoleka, silahkan mengunjungi  www.zoleka.id.