Senyum Kebahagiaan Lansia di Panti Jompo Karitas

Seiring bertambahnya usia, tua adalah hal yang pasti. Berumur panjang juga dipandang sebagai hal yang bahagia. Namun, seiring angka umur yang makin besar, semakin besar pula rasa kesepian. Rasa sepi ini masuk ke hati para orang lanjut usia (lansia), berakar di sana, dan terus tumbuh. Hal ini karena teman-teman seumuran yang semakin jauh dan sedikit. Anak dan cucu juga sibuk dengan kehidupan mereka masing-masing..

Melihat kenyataan ini, Zoleka merasakan kepedulian yang kuat untuk orang-orang usia senja ini. Apalagi mereka yang berada jauh dari keluarga di Panti Jompo. Karena itu, untuk Social Act kali ini, Zoleka memilih untuk berkunjung ke Panti Wreda Karitas di Cibeber, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Untuk aksi sosial kali ini, Zoleka menyiapkan banyak hal. Ada paket istimewa untuk para kakek dan nenek. Paket ini berisi sembako, makan siang  dan alat mandi lengkap, seperti pasta gigi, sabun, dan lain-lain. Paket ini dibungkus dengan tote bag hijau lucu dan disiapkan untuk 31 lansia di sana. Selain itu, Zoleka juga menyiapkan bantuan sembako untuk pengelola panti. Isinya ada telur, minyak goreng, bihun, dan gula. Dengan paket sembako ini, diharapkan bisa membantu kakek nenek di sana mendapatkan makanan yang lebih bervariasi dan sehat.

Senyum Kebahagiaan Lansia di Panti Jompo Karitas

Bersama paket-paket bantuan sosial ini, tim Zoleka pun berangkat ke Panti Jompo Karitas pada Jumat, 17 September 2021. Ibu Irene Ridjab selaku Founder Zoleka juga ikut hadir bersama dengan Pak Budi dan Pak Don Priyanto. Tentunya tim Zoleka tidak hanya datang untuk memberikan paket, tetapi juga kebahagiaan dan keceriaan.

Tim Zoleka mengundang para kakek nenek di Panti untuk hadir dalam acara yang mereka siapkan di aula. Kursi-kursi bangku penonton sudah disiapkan di sana. Satu per satu kakek nenek digandeng dan dituntun duduk bersama. Tidak lupa, masker juga dipakaikan sebagai bagian dari prosedur kesehatan wajib. Salah satu suster juga duduk menemani sepanjang acara dan menjaga orang lansia dari bangku penonton.

Setelah semua penonton siap, dimulailah acara dari Zoleka. Ibu Irene membuka dengan sebuah kata sambutan singkat. Setelah itu ada banyak acara-acara, seperti permainan games dari Pak Budi, bernyanyi bersama, doa bersama, dan lain-lain. Para lansia terlihat senang dan bersemangat mengikuti acara. Suara tepuk tangan sering menggema di aula panti jompo tersebut. Mereka juga ikut menggerakkan tangan mengikuti tarian tim volunteer sambil bernyanyi dengan suara jelas.

Senyum Kebahagiaan Lansia di Panti Jompo Karitas

Acara yang disiapkan tidak terlalu lama agar tidak melelahkan para lansia. Setelah bernyanyi dan bermain bersama, tim Zoleka pun membagikan paket-paket yang sudah disiapkan. Kakek Nenek terlihat senang dan kaget ternyata masih mendapat hadiah lagi. Dengan mulut yang melengkung tinggi, mereka menerima paket tote bag hijau ini. Sedangkan paket bantuan sembako untuk panti jompo diserahkan langsung kepada pengurus Panti Jompo Karitas.

Saat tim Zoleka yang lain membagikan paket di aula, Ibu Irene berkunjung ke salah satu kamar yang ada. Seorang nenek berbaring di kasur dan melambaikan tangan kepada Ibu Irene sambil tersenyum ceria. Terlihat ia juga ikut merasakan keceriaan teman-temannya yang ada di aula. Bu Irene datang membawakan paket untuk Nenek dan menemaninya mengobrol. Nenek sangat senang dan bersyukur masih ada yang menemaninya di hari-hari tua.

Senyum Kebahagiaan Lansia di Panti Jompo Karitas

Aksi sosial hari itu diakhiri dengan pembagian makan siang. Kemudian tim Zoleka pun pamit dengan para lansia di panti jompo. Para lansia dan pengurus panti jompo terus mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kebahagiaan hari itu. Ya, bahagia itu bisa sangat sederhana, apalagi bagi para lansia. Luangkan waktu lebih banyak bersama mereka, karena rasa kesepian adalah ancaman terbesar di usia senja. 

Masih banyak bentuk kepedulian lain yang bisa kita salurkan untuk sesama. Zoleka juga akan terus melanjutkan Social Act untuk membantu lebih banyak orang. Zolekawan juga bisa turut berpartisipasi dengan menghubungi langsung lewat direct message Instagram @zoleka.id. Ikuti juga program Zoleka lain yang bisa dilihat di www.zoleka.id.

Filed in: Panti Jompo