March 21, 2022 | Zoleka Social Act

Social Act: Bulir Doa dalam Beras untuk Warga Desa Karang Asih

Segenggam beras terkadang bukan hanya tentang jumlah beras yang ada. Namun juga memuat kerja keras para petani, juga manfaat nutrisi dan tenaga bagi mereka yang memakannya. Bagi orang Indonesia sendiri, rasanya belum lengkap kalau tidak makan berat bersama nasi. Nasi sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari. 

Zoleka pun juga membagikan kebutuhan pokok bermakna ini kepada warga Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada hari Minggu, 13 Maret 2022. Ada banyak warga dan volunteer yang berkumpul bersama di depan Rumah Zoleka, Ruko Taman Pelangi, Jl. Jagal - Jagawana no.5. 

Social Act: Bulir Doa dalam Beras untuk Warga Desa Karang Asih

Sekitar pukul 12 siang, kegiatan sosial pembagian beras untuk para warga pun dilaksanakan. Hari itu, ada sebanyak 100 bungkus beras yang dibagikan kepada 100 orang warga sekitar. Tiap warga mendapatkan sekitar 3 kg beras. Jadi total ada 300 kilogram beras yang dibagikan dalam kegiatan Zoleka Social Act ini. 

Warga yang terdaftar untuk mendapatkan sembako memiliki kupon yang sudah dibagikan sebelumnya. Dengan membawa kupon, warga berkumpul dan mengantri dengan tertib. Secara bergiliran, warga maju ke depan volunteer untuk menukarkan kupon dengan beras yang sudah disiapkan. 

Social Act: Bulir Doa dalam Beras untuk Warga Desa Karang Asih

Para warga banyak mengucapkan terima kasih kepada para panitia. Mereka mengaku sangat terbantu dengan bantuan sosial ini. Hari itu, ada panitia yang ikut membantu proses pembagian beras ada lebih banyak. Hal ini karena para volunteer pengajar di Rumah Zoleka juga ikut bergabung. 

Sebelum membantu kegiatan Social Act, para volunteer sudah berkegiatan di Rumah Zoleka dari pagi. Ada 2 sesi dan 2 kelas yang diadakan hari itu dari pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang. Kedua kelasnya yaitu Kelas Bahasa Inggris dan Komputer. Mereka merasa kegiatan Social Act ini memberikan makna dan pengalaman baru untuk diri mereka. 

“Seru sekali bisa bertemu dengan volunteer-volunteer lain di RUmah Zoleka, senang juga bisa lihat wajah anak-anak yang terlihat sangat excited belajar bahasa Inggris, jadi ikut semangat juga mengajarnya. Apalagi waktu ada Social Act juga, jadi tambah pengalaman berbagi aku,” ucap salah satu volunteer di Rumah Zoleka. 

Hal kecil yang biasa untuk kita mungkin sebenarnya adalah hal yang sulit bagi sebagian orang. Dengan memiliki mata kepedulian, kita bisa melihat dan membantu orang sekitar kita dengan lebih baik. Bila Anda menemukan orang atau tempat yang juga butuh uluran tangan, Zolekawan bisa langsung menghubungi Zoleka di Direct Messages Instagram @zoleka.id. Anda juga bisa terus memantau kegiatan sosial Zoleka di Instagram @partofyourhope dan website zoleka.id.