October 18, 2022 | Health Health

Terasa nyeri di bagian perut setelah lari maupun berolahraga?

Berlari merupakan jenis olahraga kesehatan yang paling banyak digemari oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Dengan berlari, seseorang tidak membutuhkan banyak biaya sekaligus menjadi penyegaran alias refreshing. Namun, pernahkah anda mengalami nyeri di perut setelah berlari?

Ya, gangguan ini tentu sering dialami oleh sebagian orang. Tidak hanya ketika berlari, saat beraktivitas lain pun terkadang gangguan ini bisa saja timbul. Lalu, bagaimana gangguan ini dapat terjadi? Dinamakan apa gangguan ini dan bagaimana cara yang benar untuk mengatasinya? Nah, kali ini Zoleka akan mengupas tentang gangguan di perut saat berlari atau berolahraga.

Menurut kalangan medis, gangguan ini disebut Exercise-Related Transient Abdominal Pain atau disingkat menjadi ETAP tetapi lebih dikenal di kalangan awam sebagai side stitch. Biasanya, side stitch ini menyerang sisi kanan atau kiri pada bagian antara tulang rusuk dan bagian atas perut. Penerima gangguan akan merasakan sensasi seperti kram atau ditusuk.

Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan side stitch, yang pasti masing-masing orang memiliki penyebab dan gejalanya yang berbeda-beda. Sebuah penelitian menemukan bahwa iritasi karena gesekan di batang tubuh juga bisa menyebabkan stitch. Selain itu, gerakan diafragma saat berolahraga juga dapat menimbulkan dampak yang sama.

Namun, stitch hanya akan menyerang orang yang berolahraga dengan gerakan torso secara berulang. Misalnya seperti berenang, berlari, atau bersepeda. Hal yang dapat memperparah keadaan tersebut adalah jika seseorang makan sesaat sebelum berlari.

Lalu, jika seseorang terkena side stitch, bagaimana cara mengatasi gangguan ini dengan baik dan benar? Nah, hal terpenting yang harus anda ingat dan lakukan disetiap kegiatan yang anda jalankan baik bersepeda, lari, berenang harus di selingi dengan istirahat yang cukup.

Kedua, buatlah tubuh anda terasa rileks dan senyaman mungkin, tarik napas dalam-dalam dan buang perlahan. Regangkan otot tubuh agar tidak terjadi kram atau sejenisnya, serta tekan-tekan lokasi nyeri secara perlahan agar otot yang kencang menjadi rileks. Jika anda membawa air putih, anda bisa minum untuk mengantisipasi dehidrasi.

Untuk mengantisipasi terjadinya side stitch saat berolahraga, tips yang pertama dan yang utama adalah hindari aktivitas makan atau minum beberapa saat sebelum olahraga. Perut yang penuh akan mengakibatkan otot perut menjadi semakin renggang. Untuk menghindari side stitch, tunggu sekitar 20 menit sebelum mulai berolahraga.

Selain itu, mulailah untuk melakukan pemanasan yang cukup sebelum berlari, berenang, atau bersepeda. Jika anda ingin berenang, pastikan untuk melakukan pemanasan yang cukup serta usahakan untuk bersama seseorang agar tidak tenggelam saat terkena stitch.

Nah, itu dia pembahasan menarik tentang side stitch atau ETAP, gangguan nyeri perut yang sering terjadi saat berolahraga. Kesimpulannya, selalu persiapkan diri untuk menghindari segala kemungkinan terjadi, ya. Demikian, semoga bermanfaat.