November 25, 2022 | Zoleka Social Act

Tips Atasi Rasa Malas Olahraga dan Membuatnya Menyenangkan

Semua orang tahu olahraga adalah kegiatan yang bermanfaat untuk tubuh. Tapi tidak semua orang bisa menjalaninya hingga menjadi rutinitas. Salah satu tantangan dalam usaha ini adalah rasa malas. Rasa ini bisa datang karena alasan apapun, mulai dari rasa ngantuk, lelah, atau memang karena malas saja.

Untuk bisa mengatasi rasa malas ini, ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Cara-cara ini bisa membuat olahraga terasa lebih menyenangkan dan memberikan rasa bahagia saat dan setelah melakukannya. Apa sajakah tips-tips ini?

  1. Tetapkan tujuan
    Cara pertama mengatasi rasa malas dalam berolahraga adalah dengan menetapkan tujuan. Tentunya tujuan ini sebaiknya yang masuk akal. Jangan yang terlalu tinggi, misalnya turun berat badan 10 kg dalam sebulan saja.
    Anda bisa menetapkan tujuan yang sederhana, misalnya berolahraga lima belas menit sehari, atau bersepeda 1 km dulu. Dengan menetapkan tujuan kecil ini, Zolekawan bisa merasakan kebahagiaan dan rasa puas. Kepuasan ini bisa menjadi pendorong untuk mengatasi rasa malas berolahraga.

  2. Awali dengan durasi singkat
    Olahraga juga jangan langsung yang berat-berat. Mulai dulu dengan yang ringan-ringan, misalnya jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Pastikan juga untuk tidak langsung olahraga berjam-jam. Hal ini karena otot masih belum terbiasa, sehingga sangat berpotensi merasa pegal keesokan harinya.
    Selain itu, memulai olahraga dengan durasi yang lama juga bisa membuat rasa kapok. Setelah berlatih lebih lama dan badan mulai terbiasa berolahraga, Zolekawan bisa menambah durasi olahraganya lagi. Tapi ingat untuk menambah sedikit-sedikit ya untuk tetap menjaga semangat untuk berolahraga.

  3. Fokus pada diri sendiri
    Saat mulai berolahraga, kita bisa menjadi lebih sensitif dengan orang lain yang sedang berolahraga juga, baik itu di media sosial ataupun teman dunia nyata. Ada potensi muncul rasa iri saat melihat pencapaian olahraga orang lain, misalnya lebih cepat turun berat badan atau badannya lebih bugar dan berbentuk. Semua ini bisa menurunkan semangat berolahraga dan menjadi malas. Jadi fokus saja pada tujuan kita sendiri dan apresiasi tiap kemajuan yang dicapai.

  4. Tidak masalah bila bolos sesekali
    Terkadang, pasti ada hal-hal yang akan merusak rencana olahraga yang sudah kita buat. Bila terjadi kondisi yang tidak terelakkan, jangan merasa bersalah karena sudah bolos. Sesekali bolos olahraga tidak ada masalah. Yang penting, keesokan hari atau di jadwal olahraga selanjutnya, jangan bolos lagi. Karena seringkali saat seseorang melakukan bolos olahraga, di keesokan hari ia akan sengaja untuk bolos kembali.

  5. Beri reward untuk diri sendiri
    Cara lain mengatasi rasa malas saat berolahraga adalah dengan memberikan reward kepada diri sendiri setiap kali mencapai target. Hal ini akan membuat kita semakin bersemangat lagi untuk mencapai target selanjutnya. Dorongan untuk mencapai target ini akan membantu kita mengatasi rasa malas dan semakin rutin berolahraga.

Selain kelima tips ini, tentunya masih ada cara-cara lain untuk membuat olahraga menjadi menyenangkan. Misalnya dengarkan lagu favorit Zolekawan saat berolahraga. Selain itu, cobalah menerapkan disiplin olahraga dengan lebih longgar. Misalnya, Zolekawan berencana untuk bersepeda 2 km setiap hari. Zolekawan juga boleh mengurangi jarak atau waktu bersepeda sesekali bila merasa terlalu lelah, atau bolos sesekali saja. Namun harus diperhatikan agar jangan membiasakan pelonggaran dan bolos ini karena anda akan terlena dan keterusan untuk mengurangi porsi olahraga.

Cara lainnya agar olahraga lebih menyenangkan tentunya dengan melakukannya bersama dengan teman-teman. Atasi rasa malas berolahraga dengan berbagai cara untuk membuat olahraga semakin menyenangkan. Apakah Zolekawan punya cara atau kebiasaan lain yang membuat olahraga semakin seru?