March 10, 2023 | Product Product

Tips Berkendara dan Beraktivitas di Luar Rumah Saat Terjadi Peningkatan Suhu dan Sinar UV

Di jam-jam tertentu, udara luar terutama jalan raya sangat padat dengan polusi serta sengatan sinar matahari begitu membahayakan. Iklim cuaca yang mudah berubah-ubah, yakni cuaca terik yang tiba-tiba menjadi hujan deras juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk diantisipasi jika seseorang ingin pergi berkendara. Belum lagi peningkatan suhu dan sinar UV tinggi yang terjadi akhir-akhir ini. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan Anda. Ada beberapa tips aman yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk bepergian.

1 Menggunakan Pakaian yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah busana atau pakaian. Pada umumnya, seseorang yang ingin melakukan perjalanan jauh memakai kendaraan roda dua paling tidak harus memakai jaket pelindung, helm, celana panjang, serta sarung tangan. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Jangan lupa juga untuk menyimpan jas hujan di bawah jok motor atau di dalam tas untuk berjaga-jaga.

2 Memakai Krim Tabir Surya

Kedua, saat keluar rumah di tengah hari cuaca sedang panas, sebaiknya memakai krim anti sinar ultraviolet atau lebih akrab disebut sebagai krim tabir surya. Sebab paparan sinar ultraviolet yang terkena langsung pada kulit akan menyebabkan berbagai masalah, seperti kulit terbakar, menghitam, penuaan, atau lebih parahnya, paparan sinar berbahaya ini dapat memicu terjadinya penyakit seperti kanker kulit.

3 Memakai Topi dan Kacamata Hitam

Kegiatan di luar rumah tidak hanya berkendara, akan tetapi juga bisa Anda lakukan di saat berjalan-jalan di kota, event, atau saat pergi ke sekolah. Dalam keadaan tertentu, Anda dipaksa untuk terpapar sinar matahari langsung, baik dalam waktu singkat maupun lama. Untuk mengantisipasi efek buruk sinar UV, selain menggunakan tabir surya Anda juga harus melindungi rambut-telinga dengan topi, serta melindungi mata memakai kacamata hitam.

4 Jangan Lupa Minum Air Putih

Keadaan cuaca ekstrim di luar ruangan dapat menguras cairan di dalam tubuh lebih cepat dari biasanya. Hal ini memicu kondisi dehidrasi, sehingga penting untuk memenuhi asupan cairan sehari-hari. Bawalah air putih untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak dehidrasi, atau Anda bisa membelinya di toko terdekat. Sebab, kondisi dehidrasi tersebut dapat memicu gangguan seperti sakit kepala, kelelahan, sembelit, dan sebagainya.

5 Mengecek Kondisi Kendaraan Sebelum Pergi

Memperhatikan kondisi kendaraan juga sangat penting. Sebelum memutuskan untuk pergi jarak jauh, ada baiknya untuk memeriksa kondisi mesin, ban, oli, dan kelengkapan kendaraan. Sebab, akan menjadi masalah besar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah perjalanan. Anda juga bisa memeriksa kembali kapan tanggal terakhir kendaraan Anda di servis, ganti oli, angin ban, dan sebagainya.

6 Cerdas dalam Memilih Waktu Berkendara

Tidak hanya kondisi kendaraan yang perlu dijadikan perhatian, akan tetapi jam berkendara juga harus Anda cermati jauh-jauh hari. Disarankan untuk tidak pergi saat jam-jam sibuk. Pilih waktu yang paling nyaman, ketika jalanan tidak ramai agar bisa semaksimal mungkin terhindar dari kemacetan. Jika terpaksa pergi tanpa perhitungan waktu, setidaknya pilih rute yang aman dan nyaman untuk dilalui.

7 Ambil Waktu Istirahat yang Cukup

Terakhir, tips aman agar perjalanan di luar rumah Anda nyaman adalah sesempat mungkin mengambil waktu istirahat. Banyak orang tidak menyadari hal yang satu ini dan nekat bertahan di atas laju kendaraan sementara fisik sudah lelah. Berkendara dengan fisik yang lelah tentu akan membahayakan baik bagi diri sendiri maupun sesama pengguna jalan. Untuk itu, paling tidak Anda harus mengambil istirahat satu atau dua jam sekali di perjalanan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh di luar rumah agar selalu aman. Paparan polusi, sinar UV, dehidrasi, serta kelelahan tentu dapat mengancam keselamatan Anda. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, harapannya perjalanan Anda bisa lebih baik dan tetap nyaman sampai tujuan.