October 8, 2021 | Life Style

Tips Paduan OOTD Simple Agar Tidak Salah Momen

Memadukan pakaian tidak hanya tentang apa yang cocok bagi penampilan Zolekawan. Momen atau acara yang diikuti juga bisa menjadi tolak ukur untuk menentukan pakaian dan gaya apa yang harus dipakai.

Secara ringkas, umumnya ada dua jenis dresscode yang biasa disebut, yaitu formal dan kasual. Namun terkadang hal ini bisa membingungkan karena kita sendiri sering ragu apakah pakaian yang akan kita kenakan terlalu formal ataukah terlalu kasual. Inilah tips paduan outfit of the day atau OOTD simple untuk beberapa momen agar tidak malu dan canggung di tempat.

1. Acara wisuda

https://fashionjackson.com/wp-content/uploads/2020/05/Fashion-Jackson-Wearing-Black-Top-Leopard-Midi-Skirt-Black-Heeled-Sandals-2.jpg

Tidak banyak acara wisuda yang kita hadiri, apalagi setelah lama lulus. Namun, saat tiba-tiba diundang menghadiri acara wisuda teman atau sanak, pakaian cocok menjadi pertanyaan penting.

Real and Simple menyarankan pakaian yang rapi dan tidak terlalu mewah. Umumnya orang akan memiliki kebaya yang lebih polos agar tidak mencuri perhatian dari anak lulusan kita.

Opsi lainnya bisa mencoba celana panjang dengan atasan yang bagus, misalnya kemeja atau kaos dengan outer blazer. Ada juga pilihan rok batik atau dress untuk memberi kesan OOTD simple pada pakaian kita. Pakai juga sepatu yang nyaman seperti heels, flats, atau wedges bila tidak ingin terkesan seperti ke tempat kerja.

2. Wawancara kerja

https://i.pinimg.com/originals/e8/81/29/e881293232865e6ef4979e0f3de11d4e.jpg

Pakaian saat wawancara kerja sangat penting karena impresi pertama bisa menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak. Tiga kata untuk outfit saat wawancara kerja adalah bersih, profesional, dan pantas.

Biasanya kemeja adalah pilihan utama untuk momen ini. Namun Anda juga bisa bertanya ke HRD langsung. Jangan ragu untuk melakukannya, karena hal ini bisa menjadi menunjukkan keseriusan Zolekawan.

Untuk industri yang lebih casual, Anda bisa memilih pakaian yang lebih menunjukkan diri Zolekawan. Namun jangan sampai terlalu kasual atau trendy, misalnya jangan pakai jeans untuk wawancara. Hindari juga memakai perhiasan terlalu banyak, sebuah jam tangan saja sudah cukup.

3. Pesta pernikahan

https://www.memorandum.com/wp-content/uploads/2018/05/cocktail-attire-wedding-dress-jovani-black-beaded-dress-classic-style-fashion-blogger1-1.jpg

Pakaian pernikahan juga sering membingungkan. Memakai terlalu kasual, kesannya tidak menghargai pasangan baru. Namun terlalu formal atau mewah juga tidak baik karena mencuri perhatian dari tokoh utama sebenarnya.

 Acara pernikahan biasanya memakai dress code formal, misalnya gaun sepanjang lantai untuk yang sangat formal. Atau gaun selutut untuk pesta yang lebih santai. Namun harus diingat, hindari gaun berwarna putih, hitam, krem atau warna lain yang sangat mirip dengan warna baju pengantin.

4. Kantor

https://i.pinimg.com/564x/dd/25/67/dd2567dc0496f11df2362f681b50a199.jpg

Anda berkantor dengan dress code formal? Ada beberapa pilihan OOTD simple yang bisa Zolekawan coba. Kemeja dan blazer sudah hal lama yang kita ketahui. Namun blouse yang dipadukan dengan skinny jeans akan menjaga penampilan Zolekawan tetap formal, tetapi terkesan kasual. Ini pilihan yang bagus apabila kantor tidak mengharuskan memakai rok. Pilihan lainnya adalah dress. Pilih dress dengan panjang selutut dengan gaya tertutup dan formal. Anda juga bisa mencoba dress berkerah atau berlengan panjang. Namun ingat, jangan memakai mini dress ke kantor.

5. Outing keluarga

Tips Paduan Outfit Agar Tidak Salah Momen

Pakaian saat acara keluarga adalah baju yang paling kasual di antara semua momen ini. Zolekawan bisa memakai jeans, atasan yang lebih santai, dan sepatu sneakers yang Anda sukai.

Intinya gunakanlah outfit yang paling nyaman dan santai untuk bergerak. Namun hindari juga pakaian yang terlalu santai seperti celana olahraga atau sandal yang sudah tua.

Bila keluarga ikut serta suka berpakaian simpel namun menarik perhatian, maka Zolekawan bisa memilih t-shirt lengan panjang untuk menciptakan konsep OOTD simple.

Misalnya memilih t-Shirt lengan panjang Zoleka Long Melange dan memadukannya dengan jeans dan sandal. Pakaian ini sangat nyaman dan tetap cocok untuk bermain bersama keluarga. T-shirt Long Melange ini sudah di-launching pada 7 Oktober di marketplace Zoleka, yaitu Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Itulah tadi tips paduan outfit untuk berbagai momen yang mungkin ditemui tetapi membingungkan. Jangan lupa perhatikan etika lain yang perlu diingat, misalnya tabu saat menghadiri pesta pernikahan tadi. Pastikan Zolekawan tidak malu atau canggung karena memakai outfit yang salah.

Filed in: OOTD Simple