November 7, 2022 | Life Style Life Style

Tips-tips Ampuh untuk Membangun Kepercayaan Diri

Rasa percaya diri adalah keyakinan untuk diri sendiri atas kemampuan yang kita miliki, juga bentuk penilaian positif untuk diri sendiri. Rasa percaya diri sangat penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam karir profesional. Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi cenderung lebih bisa melakukan berbagai hal hingga mencapai ekspektasinya dan terus terpacu melakukan yang terbaik meski dalam tekanan tinggi.

Menurut Psychology Today, rasa percaya diri yang rendah bisa membuat orang selalu khawatir berbuat salah dan enggan mencoba hal baru. Hal ini juga berkaitan erat dengan harga diri yang rendah yang merupakan ciri utama berbagai kondisi gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan borderline personality disorder. 

Kalau Zolekawan ingin mencoba melatih rasa percaya diri, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Cara-cara ini merupakan hal-hal kecil yang bisa kita biasakan dalam hidup sehari-hari sebelum mencoba berbagai cara dan metode baru. Apa sajakah itu?

  1. Ubah sikap berdiri dan duduk
    Ternyata postur berdiri dan duduk juga bisa menambah sinyal positif yang disampaikan lewat bahasa tubuhmu lho. Dengan posisi duduk dan berdiri yang lebih tegap, tubuh bisa memberikan sinyal-sinyal positif ke seluruh sel tubuh. Selain itu, otak juga mendapatkan pesan untuk mengubah perasaan. Jadi bila ingin menambah kepercayaan diri, pertama-tama, tegapkanlah punggung Zolekawan baik saat duduk ataupun berdiri.

  2. Tersenyum dan ramah kepada orang lain
    Senyum adalah salah satu cara lain untuk menunjukkan kepercayaan diri kita. Senyuman bisa memberikan pesan positif kepada orang-orang sekitar, apalagi senyuman yang ikhlas sudah pasti bisa menular ke orang lain. Sinyal positif yang dibagikan ke orang sekitar dan lingkungan ini bisa menambahkan kepercayaan diri Zolekawan.

  3. Terapkan pola hidup sehat dan olahraga teratur
    Bentuk tubuh atau berat badan adalah salah satu alasan umum seseorang tidak percaya diri. Untuk bisa mengatasi hal ini, pola hidup sehat adalah jawabannya. Mulailah berolahraga secara teratur untuk menyehatkan tubuh dan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Selain itu, makan makanan sehat juga akan menyeimbangkan asupan gizi tubuh. Tubuh yang lebih sehat akan memberikan aura yang lebih positif, cerah, dan percaya diri. Ditambah dengan penampilan yang bersih dan rapi, Zolekawan pasti akan menjadi lebih percaya diri.

  1. Perbanyak kegiatan dan hal yang disukai
    Tips lain untuk menambah kepercayaan diri adalah dengan memperbanyak kegiatan dan hal-hal yang disukai. Dengan berkecimpung di dalam hal-hal yang disukai, Anda terhindar dari hal-hal yang menyebabkan stress, penat, kecemasan, dan perasaan lain serta menjadi lebih mudah mengembangkan kepercayaan diri.

  2. Berpikir positif dan semangati diri sendiri
    Pikiran yang baik dan positif bisa meningkatkan kepercayaan diri juga. Jangan terlalu pikirkan hal-hal negatif atau komentar orang lain yang berlebihan. Sebaliknya, terus semangati diri sendiri dengan kata-kata positif. Selain itu, Zolekawan juga bisa mencari lingkungan dengan teman yang suportif untuk mendapatkan dukungan dari mereka. 

Bisa dibilang, lingkungan dan kebiasaan diri menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepercayaan diri. Pastikan Zolekawan menjadi diri yang lebih Anda sukai, tubuh sehat dan bugar, serta berpenampilan sesuai selera Anda. Tubuh Anda akan memberikan energi-energi positif yang menunjukkan bahwa Zolekawan sangat percaya diri.