Zoleka Social Act: Membantu Warga Mencapai Kemerdekaan di "17 Agustus"

Tanggal 17 Agustus adalah hari yang spesial untuk seluruh rakyat Indonesia. Di hari itu tahun 1945, Indonesia akhirnya mengumumkan kemerdekaan dari penjajahan. Sejak itu, Indonesia terus berusaha memberikan hidup yang sejahtera kepada seluruh rakyat. Namun sayang, masih banyak warga yang terjebak dalam keras perjuangan hidup.

Zoleka juga turut berusaha membantu meluaskan kemerdekaan. Dengan berbagai program sosial, Zoleka berkomitmen untuk memberikan bantuan ke lebih banyak orang tanpa henti. Termasuk di hari Kemerdekaan yang istimewa, Zoleka juga berbagi paket bantuan sosial di Kota Bandung.

Kegiatan pembagian paket kali ini dilakukan di banyak lokasi. Menurut rencana, hanya ada dua lokasi yang akan dikunjungi, antara lain Caringin dan Citepus, Kota Bandung. Keduanya juga adalah lokasi tempat diadakannya Belajar Keliling untuk anak-anak jalanan.

Namun dalam pelaksanaannya, Ibu Irene, Founder Zoleka, dan Pak Budi Sukses, Founder Fresh Kids Care, memilih untuk mengunjungi lebih banyak tempat. Ada lokasi-lokasi lain yang disinggahi dalam perjalanan dari Caringin ke Citepus. Contohnya seperti di ruko pinggir jalan dan di pinggir rel kereta api.

Prose pemilihan tempat ini dipandu oleh Pak Budi yang sudah lama tinggal di Kota Bandung. Beliau sudah aktif dalam berbagai program sosial di Kota Kembang ini. Jadi melalui informasi warga, ia lebih paham tempat mana saja Social Act Zoleka bisa memberikan manfaat lebih besar.

Di pagi hari tanggal 17 Agustus, tim Zoleka pun berkumpul di rumah Pak Budi untuk menyiapkan paket. Paket yang disiapkan disimpan dalam sebuah plastik putih besar. Di dalamnya adalah sembako kebutuhan hidup sehari-hari. Ada beras, minyak goreng, mie instan, dan makanan lain. Selain itu, Zoleka juga memasukkan dua buah masker berbahan kain di dalamnya. Setelah selesai menyiapkan paket, mereka pun berangkat bersama.

Caringin dipilih sebagai lokasi pertama pemberian bantuan, sesuai rencana. Di sini ada sebuah lapangan luas yang berada dekat dengan rombongan sampah. Para penduduk di sini umumnya adalah pemulung-pemulung dan keluarga kecil mereka. Setiba di lokasi, warga pun dibawa berkumpul untuk menerima paket bantuan dari Zoleka satu per satu.

Zoleka Social Act: Membantu Warga Caringin-Citepus Mencapai Kemerdekaan

Setelah selesai memberikan sekitar 30 lebih paket, tim bersama Pak Budi pun berangkat ke lokasi berikutnya. Kali ini tim turun di sebuah ruko pinggir jalan. Menurut keterangan dari Pak Budi, di sini adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang tidak memiliki rumah. Umumnya tempat tinggal mereka hilang setelah penggusuran terjadi. Hanya sebagian tim yang turun ke lokasi dan memberikan paket bantuan.

Setelah selesai, semua orang naik kembali ke mobil dan berputarlah roda ke lokasi ketiga, pinggir rel kereta api. Di lokasi ini ada banyak perumahan kumuh tempat tinggal anak-anak bersama keluarganya. Menurut Ibu Irene yang turun ke lokasi bersama Pak Budi, tempat itu sudah dipenuhi dengan bau aneh seperti bahan perekat barang.

Karena lokasi yang kecil, hanya ibu Irene dan Pak Budi saja yang turun untuk memberikan bantuan kepada keluarga di sana. Setelah keduanya kembali ke mobil, akhirnya kegiatan pemberian bantuan sosial ini pun tiba di lokasi terakhirnya, daerah Citepus.

Zoleka Social Act: Membantu Warga Caringin-Citepus Mencapai Kemerdekaan

Lokasi ini berbeda lagi dengan tempat-tempat sebelumnya. Rumah-rumah di sini dibangun sangat kecil dan menempel satu sama lain. Hanya ada jalan kecil yang sempit untuk menjadi penghubung tempat tinggal warga. Menurut Raihan, salah satu anggota tim Zoleka, tempat ini hampir seperti labirin kecil.

Jadi untuk bisa memberikan bantuan sosial ke warga sekitar, tim Zoleka bersama Pak Budi pun berjalan mengunjungi rumah-rumah warga. Tidak hanya untuk para penduduk yang tinggal di sana, ada juga bantuan khusus yang disiapkan untuk para warga lanjut usia (lansia). Paket sosial untuk para lansia diserahkan di Rumah Singgah Fresh Kids Care.

Zoleka Social Act: Membantu Warga Caringin-Citepus Mencapai Kemerdekaan

Menurut Raihan, bantuan sosial kali ini memberikan makna yang lebih besar dibandingkan Social Act sebelumnya. Di tempat-tempat seperti Caringin dan Citepus, para warga bercerita kepada tim Zoleka. Bagi mereka, ini adalah pertama kalinya ada program sosial yang diadakan di tempat tinggal mereka. Jadi rasa kebahagiaan benar-benar menyentuh dan terpancar dari ekspresi mereka saat mendapatkan paket.

Di saat yang sama, mereka juga berharap dengan adanya kegiatan sosial ini, masyarakat bisa tahu ada sebuah tempat bernama Citepus dan Caringin. Maka dengan ini, terbukalah pintu agar lebih banyak orang datang membantu mereka. Terlihat, para warga memang sangat membutuhkan bantuan dan kepedulian untuk dapat bertahan di hidup sulit.

Kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia memang bukan hal mudah untuk dicapai. Karena itu, Zoleka juga turut berpartisipasi untuk membantu Indonesia mencapainya. Dengan berbagi ke lebih banyak orang, semakin besar harapan seluruh warga Indonesia mencapai hidup yang sejahtera.

Tentunya, pasti ada tempat-tempat lain seperti Caringin dan Citepus yang belum kita ketahui. Bila Zolekawan tahu, bisa langsung menghubungi tim Zoleka lewat pesan langsung di media sosial Zoleka. Satu langkah kecil dari Anda bisa membantu lebih banyak orang menuju jalan kebahagiaan. Untuk informasi Social Act lain dari Zoleka, bisa dilihat secara lengkap di www.zoleka.id. Dengan membeli produk-produk Zoleka di Lazada, Tokopedia, dan Shopee, Zolekawan juga secara tidak langsung ikut membantu orang lain lewat program-program sosial Zoleka seperti buy one donate one. 

Filed in: 17 Agustus