Karakteristik Sarung Tangan dan Cara Mencucinya

Dalam berkendara khususnya menggunakan motor, sarung tangan merupakan salah satu aksesoris penting yang dapat melindungi tangan dan memberikan kenyamanan saat berkendara. 

Menggunakan sarung tangan saat berkendara bertujuan untuk melindungi area tangan dari terik matahari serta hal lain yang tak di inginkan seperti mencegah kram tangan, mencegah lecet, dan sebagainya. 

Saat ini tersedia banyak varian sarung tangan untuk berkendara yang dapat Anda pilih. Namun demikian, Anda tetap harus memperhatikan benefit dan fungsinya supaya tidak salah pilih. 

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sarung tangan, Adapun diantaranya seperti karakteristik dan bahan yang digunakan pada sarung motor tersebut. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara mencuci sarung motor dan juga hal-hal yang dapat merusak sarung tangan agar dapat menjaga keawetan sarung tangan tersebut. 

Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa hal yang sudah Zoleka rangkum dan dapat menjadi referensi Anda sebelum memutuskan untuk membeli sarung motor. 

 

Karakteristik dan bahan sarung tangan 

Karakteristik sarung Tangan dan Cara Mencucinya

Saat ini terdapat dua model sarung tangan motor yang umum tersedia di pasaran, yakni model full finger dan half finger.

Sarung tangan model full finger cenderung lebih bisa melindungi tangan dengan lebih baik meskipun tangan akan cepat berkeringat ketika penggunaan lama. Berbeda dengan half finger yang cenderung memiliki ventilasi terbuka sehingga masih adanya angin yang bisa masuk. 

Terdapat beberapa jenis bahan sarung motor namun ada dua bahan utama dalam pembuatan sarung tangan yakni kulit dan kain. Masing-masingnya memiliki memiliki karakter yang berbeda. Adapun bahan kain cocok untuk digunakan ketika udara panas, sehingga dapat menyerap keringat pada tangan. Sedangkan untuk bahan kulit lebih cocok untuk digunakan ketika udara sedang dingin sehingga dapat menjaga kehangatan tangan.

Untuk sarung tangan berbahan kain sendiri memiliki karakteristik yang lentur. Berbeda dengan sarung tangan berbahan kulit yang cenderung memiliki karakteristik kaku. 

Namun demikian, sarung tangan berbahan kulit memberikan proteksi yang lebih aman dalam melindungi tangan dari gesekan. Sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih sarung tangan motor dilihat dari materialnya.

 

Hal yang dapat merusak sarung tangan motor

Sarung tangan jika selalu digunakan untuk berkendara tentu akan terpapar debu dan juga keringat dari tangan kita. oleh karena itu, kita perlu  merawatnya supaya sarung tangan lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang. 

Merawat sarung tangan motor memang harus selalu dilakukan guna menjaga tangan dari kotoran, kuman, dan bau yang dihasilkan dari keringat dan debu. Selain itu, merawat sarung tangan secara berkala juga dapat menjaga kualitas dari sarung tangan.

 

Cara mencuci sarung tangan motor

Meski sarung tangan seringkali dianggap sebuah barang sepele, namun Anda perlu untuk merawatnya supaya tidak mudah rusak. Anda dapat memilih sarung tangan yang mudah dibersihkan karena sejatinya sarung tangan yang sering digunakan harus dibersihkan secara berkala, minimal 2 hingga 3 kali selama seminggu. 

Anda dapat merendam sarung tangan di dalam campuran air yang ditambahkan sabun cuci selama 5 hingga10 menit, kemudian bersihkan secara perlahan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan yang ada pada sarung tangan. 

Setelah itu, bilas dengan air bersih kemudian lakukan pengeringan. Untuk sarung tangan berbahan kain Anda dapat mengeringkannya di bawah sinar matahari. Namun untuk sarung tangan berbahan kulit, Anda cukup membiarkannya terkena hembusan angin saja supaya dapat tetap menjaga kualitas bahan kulit.

Untuk sarung tangan motor, khususnya yang memiliki bahan kulit, Anda tak boleh merendamnya terlalu lama guna menghindari kerusakan pada lapisan bahan kulit tersebut. Anda dapat merendamnya sekitar 5 menit saja.

Ketika mencuci sarung tangan, Anda juga harus berhati-hati karena jika Anda menyikatnya terlalu keras nantinya warna pada sarung tangan akan cepat memudar dan bisa merusak bahan sarung tangan. 

Untuk sarung tangan dengan bahan full kain, Anda dapat merendamnya cukup lama supaya kotoran dapat hanyut terbawa air. Selain itu, Anda juga harus mencucinya secara manual dengan sikat yang halus dan sabun cair. Jangan gunakan mesin cuci untuk membersihkan sarung tangan karena dikhawatirkan akan merusak jahitan. 

Kemudian khusus untuk sarung tangan berbahan kulit, hindari untuk memerasnya ketika dicuci karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas dari bahan kulit tersebut. Selain itu, hindari juga untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung. 

 

Rekomendasi sarung tangan motor

Sebagai tambahan, penulis juga memiliki rekomendasi sarung tangan motor dari Zoleka yang dapat menjadi referensi Anda dalam memiih sarung tangan motor terbaik disini.  Zoleka menawarkan beberapa jenis sarung tangan motor yang dapat Anda pilih mulai dari berbahan Polyester Sublime hingga Spandex. Selain itu juga terdapat jenis full finger dan juga half finger yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.