Rumah Zoleka: Berbuka Penuh Makna dengan Anak-Anak PAUD

Selain ibadah, bulan Puasa juga identik dengan kebersamaan. Bulan berkah ini membawa kita semakin dekat dengan keluarga bahkan yang berada di tempat yang jauh. Jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk menjalin silaturahmi. Tentunya kedekatan ini tidak hanya bersama keluarga, tetapi juga bisa dengan rekan kerja, teman, dan lain-lain.

Salah satu kegiatan favorit untuk menjalin keakraban adalah berbuka bersama. Kegiatan yang sering disingkat bukber ini juga dianggap sebagai ajang reuni bersama teman-teman sekolah. Menjalin silaturahmi tidak harus dengan teman yang sudah lama tidak bertemu dan tidak harus saat sudah tua. Bersama teman sekolah sendiri dari muda juga boleh.

Zoleka pun menyiapkan sebuah acara khusus untuk anak-anak PAUD di Rumah Zoleka. Selain untuk menambah keakraban, acara ini juga diharapkan bisa membantu menambah semangat belajar anak-anak. Bukber ini diikuti oleh anak-anak siswa PAUD Rumah Zoleka, para guru kelas, dan Pak Ust. Gilang Febriansyah.

Mulai pukul 3 sore pada hari Kamis 28 April 2022, para volunteer sudah datang di Rumah Zoleka Cikarang untuk menyiapkan acara bukber. Makanan untuk 31 anak dibungkus dan disiapkan untuk mereka. Ada menu mie goreng, kolak pisang, es krim, dan kue chiffon. Saat semua makanan sudah selesai dibungkus, bertepatan dengan waktu murid mulai datang satu per satu.

Rumah Zoleka: Berbuka Penuh Makna dengan Anak-Anak PAUD

Setelah semua datang lengkap, acara buka bersama pun dimulai. Acara dibuka oleh guru-guru kelas PAUD, yaitu Kak Nazwa, Kak Sherly, dan Bu Shinta. Setelah selesai acara pembukaan, Pak Ust. Gilang Febriansyah juga memberikan nasehat kepada anak-anak. Inti nasehat yang dibagikan ke anak-anak adalah untuk berbakti kepada orang tua. Selain untuk membalas jasa orang tua, berbakti pada orang tua juga bisa meningkatkan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Rumah Zoleka: Berbuka Penuh Makna dengan Anak-Anak PAUD

Setelah adzan maghrib berkumandang, anak-anak pun mulai berdoa dan makan bersama. Anak-anak dan peserta bukber lainnya makan dalam suasana akrab dan harmonis. Tidak ketinggalan, setelah selesai acara, ada bingkisan lagi untuk semua anak-anak, yaitu THR. Anak-anak bersemangat untuk menerimanya.

Setelah para murid berbaris dengan rapi dan tertib, barulah amplop THR ini dibagikan ke anak-anak. Terlihat anak-anak sangat menyukainya, bahkan ada anak-anak yang mau mengantri sampai 2 kali untuk bisa mendapat 2 amplop. Karakteristik anak-anak memang semakin terlihat ketika mendapatkan hal yang mereka sukai. Acara berhasil berjalan dengan sempurna hingga akhir dan anak-anak pulang dengan perut yang kenyang dan senyuman yang lebar.

Teman-teman masa kecil mungkin banyak yang terpisah nantinya. Tapi pengalaman bermain bersama akan terus menemani hingga dewasa. Memberikan kesempatan bermain dan belajar bersama saat masih kecil akan menjadi kenangan yang tidak tergantikan untuk mereka. Ada banyak juga teman masa kecil yang kemudian menjadi teman penting saat sudah besar nanti.

Persahabatan adalah bagian penting dalam hidup. Bersilaturahmi adalah salah satu cara untuk menjaga keakraban. Berbagi kabar adalah langkah pertama menjaga persahabatan. Selain itu, Zolekawan juga bisa berbagi lebih banyak bersama teman, baik hal fisik maupun non fisik. Anda juga bisa berbagi dengan orang lain untuk menjalin silaturahmi atau sekedar untuk membagikan kebahagiaan ke lebih banyak orang.

Bila Zolekawan ingin menemukan cara atau ingin berbagi bersama Zoleka, langsung hubungi lewat Direct Messages Instagram @zoleka.id. Zolekawan juga bisa melihat kegiatan-kegiatan Rumah Zoleka di Instagram @partofourhope. Untuk informasi kegiatan zoleka lain, kunjungi website resmi Zoleka di www.zoleka.id