August 12, 2021 | Human Empowerment

Makna Dibalik Sebuah Karya Sederhana

Siapa sangka seorang anak dengan kebutuhan khusus yang sering dipandang sebelah mata dapat mempunyai karya yang sangat kreatif sampai dijadikan desain kaos? Tidak seperti siswa pada umumnya, Jordan mempunyai tangan yang kurang lentur dan kuat. Matanya pun mempunyai angka plus dan silindris yang besar sehingga menyulitkan ia untuk fokus dan butuh instruksi ekstra dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Sering mengalami kesulitan mengikuti kegiatan belajar karena kurangnya stimulasi pada kemampuan motoriknya ternyata tidak mematahkan semangat Jordan, salah satu murid dari PKBM Puspa Terang Nusantara untuk tetap belajar dan mengikuti terapi. Semangat itu kemudian membuahkan hasil, salah satu tugas rumah yang diberikan kepada Jordan diangkat menjadi salah satu desain kaos Zoleka.

Tidak hanya sekedar gambar, karya yang dibuat oleh Jordan juga memiliki cerita penuh makna. Dalam karyanya, Jordan menggambar sebuah restoran dimana ia sedang memakan semua makanan kesukaannya. Restoran yang ia namai “Frost Diamond & Frost Lona” ini digambar dengan sangat detail oleh Jordan. Ia menggambar logo restoran di meja kasir, pajangan dinding, lampu, dan lemari petugas.

Uniknya lagi, Jordan tidak hanya menggambarkan dirinya sendiri di dalam restoran tersebut. Hadir beberapa anak-anak lain yang ia gambar sepasang dengan orang tua mereka. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran orang tua dan kebersamaan bagi Jordan, semua ia sampaikan dengan baik lewat karya yang ia gambar ini.

Orang tua Jordan memang memiliki peran yang sangat penting untuknya. Mempunyai kebutuhan khusus artinya Jordan juga harus diberikan perhatian dan perawatan khusus yang lebih intensif dari orang tuanya. Beruntungnya, orang tua Jordan sangat suportif dan selalu setia menemaninya sampai sekarang, dimana Jordan kini sudah duduk di bangku kelas 1 SD. Karena dukungan orang tuanya juga, Jordan berhasil tumbuh menjadi seorang anak yang ceria dan percaya diri.

Karya yang penuh dengan cerita dan makna ini kemudian menjadi karya kedua yang dipilih Zoleka untuk menjadi desain kaos terbarunya. Sebelumnya, Jordan juga sudah mempunyai karya yang diterbitkan Zoleka dalam bentuk kaos dan tote bag. Bagi Zolekawan yang tertarik dengan kaos Jordan yang kedua, dapat melakukan pembelian di sini.