July 12, 2022 | Health Health

Mencari tahu Perbedaan Self Healing, Self Care, Self Love, dan Self Reward  

Dalam kesehatan mental, kita sering mendengar istilah yang sering dipakai oleh masyarakat untuk  menghilangkan stress seperti Self healing, Self Care, Self Love, dan Self Reward. Keempat istilah tersebut  merupakan tren yang sering dikaitkan ketika seseorang sedang memiliki permasalahan. Permasalahan  yang menumpuk ini terkadang membuat orang-orang merasa tidak sanggup dan menimbulkan stress  sehingga mereka membutuhkan cara untuk mengatasinya.  

Meski begitu, apakah anda tahu apa perbedaan dari keempat istilah tersebut? Jika belum  mengetahuinya, simak perbedaanya di bawah ini.  

Self Healing  

Mencari tahu Perbedaan Self Healing, Self Care, Self Love, dan Self Reward  

Healing memiliki arti penyembuhan, metode ini merupakan metode penyembuhan luka batin atau mental  yang disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena dapat  mempengaruhi kondisi fisik maupun mental. Masalah yang biasanya sering menyebabkan luka batin atau  mental bisa karena memendam perasaan sedih yang terlalu lama, merasa gagal dan mengalami  kecemasan yang berkepanjangan sehingga mengarah ke depresi.  

Dalam hal ini, perlu diperhatikan apakah seseorang butuh disembuhkan atau tidak. Jika memang butuh  untuk melakukan penyembuhan, berarti ada permasalahan gangguan penyakit tertentu didalam jiwa dan  fisiknya. Kondisi yang membutuhkan penyembuhan ini sangat beragam, contohnya seperti satu bulan  didera stress akibat putus cinta, bertengkar dengan orangtua, ataupun menderita suatu penyakit yang  berkepanjangan yang menyebabkan seseorang menjadi putus asa dan depresi. Kondisi tersebut harus  diupayakan untuk sembuh, karena jika dibiarkan berlarut maka dapat bermuara ke depresi dan dapat  berujung kematian.  

Self healing sendiri dapat dilakukan lewat beragam cara, memulai dari bisa menerima diri sendiri,  memaafkan diri sendiri, melakukan hal positif, mencari aktifitas yang menyenangkan, dan hal yang utama  adalah lebih mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa. Namun, kebanyakan anak jaman sekarang mengartikan healing dengan melakukan staycation atau berjalan-jalan ke tempat yang tenang untuk menenangkan diri dan mengobati rasa "penuh" akibat kesibukan sehari-harinya.  

Self Care  

Mencari tahu Perbedaan Self Healing, Self Care, Self Love, dan Self Reward . sumber: freepik.com

Self Care memiliki arti kemampuan merawat diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang dapat melindungi  diri sendiri dengan tujuan untuk mendapat kesehatan fisik, mental maupun spiritual. Self Care sendiri lebih  ke langkah untuk merawat kesehatan fisik atau tubuh. Ketika Self Care dilakukan dan tubuh menjadi sehat,  maka kita akan terlihat lebih fresh dan bisa tampil dalam performa yang maksimal.  

Self Care sendiri dapat dilakukan dengan cara yang mudah, seperti meluangkan waktu untuk melakukan  perawatan diri kamu dapat meringankan stress sehari-hari. Selain itu juga dapat mengatur diri untuk  kembali shat dan melakukan aktifitas dengan maksimal.  

Self Love 

Mencari tahu Perbedaan Self Healing, Self Care, Self Love, dan Self Reward . sumber gambar: freepik.com

Self Love merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menerima diri sendiri sepenuhnya. Untuk  melakukan Self Love ini, kamu dapat mengatakan hal-hal yang positif ke diri sendiri, bersikap baik, serta  memaafkan diri sendiri. Self Love sendiri memiliki pengertian memelihara diri sendiri dengan melakukan  aktivitas-aktivitas yang sehat, produktif, memberi asupan nutrisi yang baik, tidur yang cukup, dan interaksi  sosial yang sehat. Self Love ini merupakan cara untuk dapat lebih mengenal diri sendiri, mengetahui 

batasan-batasan yang diterima diri kemudian fokus pada kelebihan yang dimiliki dan tidak tenggelam  terhadap kekurangan yang ada.  

Self Reward  

Mencari tahu Perbedaan Self Healing, Self Care, Self Love, dan Self Reward  

Self Reward merupakan salah satu bentuk penghargaan untuk diri sendiri semisal kita berhasil mencapai  tujuan atau impian yang diinginkan. Cara Self reward bisa dilakukan dengan banyak hal, seperti melakukan  perawatan di salon, membeli makanan favorit, melakukan me time atau sekadar mematikan handphone  dan beristirahat yang cukup.  

Disaat kamu sedang tertekan dengan pekerjaan atau kejadian yang dialami, Self Reward bisa  membantumu untuk menikmati hidup. Tetapi hal perlu diperhatikan adalah jangan sampai terlalu boros  dalam memberikan Self Reward kepada diri sendiri. Kamu harus dapat mengatur mengenai hal-hal yang  diinginkan agar bisa menyenangkan dan memotivasi diri sendiri.  

Jadi itulah perbedaan dari keempat istilah yang menjadi tren masa kini, perhatikan kesehatan mental  kalian agar dapat mengontrol diri untuk bisa berfikir positif dan terhindar dari stress yang dapat  membawamu ke tahap depresi.