July 19, 2022 | Health Health

Terapkan Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit  

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk memiliki tubuh yang sehat, kita  harus menerapkan gaya hidup yang sehat. Hindarilah gaya hidup yang tidak sehat seperti abai  memperhatikan asupan makanan, sering begadang, merokok, mengkonsumsi alkohol, kurang aktif  bergerak, kecanduan memainkan gadget, sampai dengan kurangnya mengkonsumsi air putih.  

Gaya hidup yang tidak sehat jika dilakukan secara terus menerus dapat memicu timbulnya masalah  kesehatan. Gaya hidup yang tak sehat tentu sangat merugikan diri sendiri, mengingat kesehatan adalah  hal yang penting dan utama. Seseorang yang masih memiliki gaya hidup tak sehat perlu disadarkan akan  pentingnya kesehatan bagi tubuh. Hindari gaya hidup yang buruk, mulailah mengonsumsi makanan sehat  seperti sayur-mayur, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan melakukan olahraga  untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.  

Penyakit yang dapat timbul akibat gaya hidup yang buruk diantaranya adalah sebagai berikut :  

  1. Penyakit jantung  

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan seperti gangguan pada  pembuluh darah dan jantung, katup jantung, atau otot jantung. Penyakit jantung dapat ditangani  melalui berbagai macam metode pengobatan ataupun dengan melakukan perubahan gaya hidup  menjadi lebih sehat.  

Jika anda masih memiliki gaya hidup yang tak sehat, mulailah ubah gaya hidup anda karena gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi jantung dan dinding pada pembuluh darah. Faktor utama penyebab penyakit jantung ini adalah kebiasaan merokok,  diabetes, dan kolestrol tinggi.  

  1. Tekanan darah tinggi  

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya stres,  obesitas, faktor genetik, mengonsumsi garam yang berlebihan, dan faktor usia. Pada dasarnya,  pengobatan hipertensi yang direkomendasikan dokter akan disesuaikan dengan usia dan kondisi  pasien, serta tingkat keparahan tekanan darah tinggi yang dialami. Cara mengobati hipertensi  yang umum direkomendasikan oleh dokter meliputi perubahan gaya hidup yang buruk menjadi  gaya hidup yang sehat dan penggunaan obat penurun tekanan darah.  

  1. Kanker  

Kanker disebabkan akibat adanya pertumbuhan sel yang bisa membahayakan kesehatan.  Beberapa tipe kanker yang disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat adalah merokok, terlalu lama terpapar sinar  matahari, dan mengomsumsi makanan yang mengandung karsinogen.

    4. Stroke  

Stroke terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah ke otak ataupun pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan kurangnya  oksigen pada beberapa bagian otak.  Jika kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, hal itu akan mempengaruhi kolesterol dalam tubuh. Ketika kadar kolesterol tinggi, akan besar kemungkinan tertimbunnya kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan pembuluh darah semakin sempit dan mengganggu suplai darah ke otak (stroke).

  1. Obesitas  

Gaya hidup yang tak sehat dapat menyebabkan obesitas. Kebiasaan memakan makanan yang  kurang sehat terlalu banyak menjadi faktor utama penyebab obesitas. Tak hanya itu, orang yang  mengalami kelebihan berat badan juga bisa mengalami banyak masalah lain seperti kesulitan bernapas, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes dan lainnya. 

Oleh sebab itu, usahakan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara tidur yang cukup selama  kurang lebih 7 sampai dengan 9 jam setiap harinya, melakukan olahraga ringan, dan menjaga pola  makan serta gaya hidup yang sehat.  

Dalam hal ini, menjaga asupan makanan dan aktivitas fisik merupakan fondasi yang penting untuk  memiliki tubuh yang sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang peduli akan kesehatan diri dan masih banyak juga diantara mereka yang masih belum tergerak meluangkan waktunya untuk beraktivitas fisik.  

Hal terakhir yang paling utama adalah mengkonsumsi meminum air putih sebanyak 6-8 gelas  per-hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Sekadar informasi, meminum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat yang dapat dirasakan diantaranya dapat  mencegah dan mengatasi sakit kepala, meringankan kesehatan kulit, menjaga suhu tubuh,  membantu penyerapan nutrisi, hingga memaksimalkan performa fisik.