January 13, 2023 | Life Style Life Style

Bahan-bahan Jaket dan Cara Perawatannya

Bahan-bahan Jaket dan Cara Perawatannya

Jaket adalah busana luaran yang cocok untuk dipakai saat bepergian ke mana saja, baik itu pergi ke kantor, jalan-jalan, atau perjalanan jauh ke luar kota. Akan tetapi, jaket akan lebih nyaman saat dipakai jika kita memperhatikan dari bahan apa ia terbuat.

Setiap jenis bahan baku jaket memiliki fungsinya masing-masing, ada yang melindungi dari cuaca dingin, untuk berolahraga, dan macam fungsi lainnya. Selain itu, bahan dan fungsi yang berbeda tersebut memiliki cara khusus untuk merawatnya agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Di bawah ini adalah berbagai jenis bahan pembuat jaket yang memiliki berbagai macam fungsi sesuai karakteristiknya masing-masing. Dengan memberikan perawatan yang sesuai pada jaket berbahan tertentu, Zolekawan bisa memiliki jaket yang lebih nyaman saat dipakai dan bisa bertahan lama, setidaknya untuk pemakaian jangka panjang.

Bahan Polyester

Salah satu ciri-ciri jaket Anda terbuat dari bahan Polyester adalah licin, terlihat mengkilap seperti kain sintetis. Biasanya, jaket dengan bahan ini tidak akan mudah kusut, Anda tidak perlu khawatir apabila ingin menggunakannya tapi tidak punya waktu untuk menyetrika.

Orang-orang banyak menggunakan jaket dengan bahan Polyester saat bepergian ke luar rumah dalam kondisi yang tidak menentu. Bahan ini memiliki tingkat ketahanan terhadap air yang lebih tinggi daripada bahan lain pada umumnya. Cara merawat jaket ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencucinya di air dengan suhu rendah.

Hindari pemakaian pengering yang panas atau menjemurnya di terik sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Sebab, hal itu akan membuat bahan kehilangan elastisitasnya. Dengan kata lain, jaket dengan bahan Polyester akan lebih cepat rusak jika terkena suhu panas berlebihan saat dicuci.

Softshell Fabric

Tidak jauh berbeda dengan jaket berbahan dasar kain Polyester, Softshell Fabric juga memiliki rancangan kain yang dapat bertahan terhadap air, embun, dan hawa dingin. Bagi Zolekawan yang menyukai kegiatan outdoor, jaket berbahan Softshell Fabric ini sangat nyaman saat digunakan. Ia memiliki lapisan pelindung yang serbaguna.

Untuk merawatnya, cukup cuci dengan air dingin dan jangan campur jaket bersama pakaian-pakaian lain di mesin cuci. Hal itu akan mencegah kain menjadi kusut. Juga hindari menggunakan pemutih untuk membersihkannya dari kotoran. Sebab pemutih hanya akan merusak lapisan pelindung yang ada di kain.

Bagian Dalam Jaket Berbahan dasar Kain Mesh

Ketiga, jaket yang memiliki bagian dalam yang dilapisi kain mesh biasa dipakai untuk kegiatan ringan sehari-hari. Jaket yang dilengkapi dengan bahan ini paling sering terlihat di pengendara motor yang bepergian saat pagi hari. Ya, jaket ini sangat identik dengan pengendara motor, sebab bahannya lumayan ringan, melindungi dari udara dan polusi, serta memberi kehangatan saat udara dingin atau malam hari.

Karakteristik bahan ini tampak dari lubang-lubang yang ada di kain, terdapat serat-serat bahan yang menyaring sirkulasi udara masuk tanpa membawa hawa dingin atau polusi. Jangan mencuci jaket yang memiliki bahan mesh dengan pengering ataupun menggosoknya menggunakan sikat terlalu keras.

Bagian Dalam Jaket Berbahan Kain Fleece

Selanjutnya adalah jaket yang memiliki furing dengan bahan kain Fleece, yaitu kain sintetis yang diambil dari serat polyester. Kain ini sangat cocok untuk digunakan bepergian saat cuaca dingin. Akan tetapi, tidak direkomendasikan berkendara dengan jaket ini, karena bahannya tidak tahan terhadap hembusan angin. Artinya, tubuh Anda tetap akan merasa kedinginan.

Jaket ini cenderung ringan dan lembut, menjaga tubuh tetap hangat saat cuaca sedang dingin. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berolahraga atau berjalan-jalan di pagi hari. Untuk mencucinya, hindari penggunaan pengering yang bersuhu tinggi atau memakai pemutih untuk membersihkannya. Cukup cuci dengan air bersuhu normal.

Bahan Babyterry

Babyterry merupakan salah satu jenis kain yang sering ditemui pada jaket casual dengan berbagai tema. Kelebihan dari bahan jenis babyterry ini adalah teksturnya yang lembut dan sangat nyaman dipakai serta cocok untuk dibawa pergi ke mana saja. Perpaduan serat katun serta polyester membuat kain yang satu ini bisa tahan dalam pemakaian yang lama.

Namun, tetap perlu perawatan khusus agar jaket dengan bahan ini tidak kusut dan mudah rusak. Sebaiknya tidak mencuci jaket ini dengan air panas, cuci kain babyterry dengan air dingin dan jangan campur bersama pakaian lain supaya terhindar dari kusut. Tidak disarankan menggunakan pemutih, agar warna dan seratnya tidak rusak.

Selain itu, hindari juga dari pencucian yang terlalu sering. Agar lebih aman, mungkin Anda bisa mencucinya dalam rentang waktu yang lebih lama dari pakaian-pakaian lain. Sebab, pencucian yang terlalu sering bisa membuat warnanya memudar serta tidak lembut lagi. Hindari juga penggunaan pengering dengan suhu tinggi.