February 10, 2023 | Life Style Life Style

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Sarung Tangan Motor

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Sarung Tangan Motor

Sarung tangan motor merupakan salah satu aksesoris penting yang harus Anda miliki dalam berkendara dengan kendaraan bermotor roda dua. Terutama bagi Anda yang menyukai perjalanan jauh dan melintasi cuaca yang tidak menentu. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian aksesoris yang satu ini, tergantung pada jenis sarung tangan tersebut, ukuran, fitur, warna, bahan, dan sebagainya.

Dari berbagai jenis sarung tangan tersebut, Anda bisa memilih mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda saat berkendara. Baik itu untuk perjalanan jauh, di cuaca yang panas atau dingin, hingga untuk perjalanan di medan yang sulit. Masing-masing sarung tangan motor memiliki fungsinya yang bervariasi. Simak penjelasan tentang berbagai jenis sarung tangan motor di bawah ini dan pemilihan yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Jenis Sarung Tangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk memilih sarung tangan yang tepat adalah jenis sarung tangan. Sarung tangan motor secara umum terbagi menjadi dua golongan, yaitu jenis dengan bahan kulit dan kain. Jika Anda ingin bepergian jauh ke tempat dengan cuaca yang dingin, lebih disarankan untuk memakai sarung tangan motor dengan jenis kulit agar melindungi dari embun dan hawa dingin yang menyerang kekebalan tubuh.

Jenis kedua adalah sarung tangan berbahan kain. Sarung tangan motor yang satu ini bisa Anda gunakan saat bepergian jauh ke tempat dengan cuaca yang panas. Contohnya, saat Anda ingin bepergian melewati daerah kota yang panas, macet, dan penuh polusi. Bahan kain dapat lebih optimal untuk melancarkan sirkulasi udara agar tangan Anda tetap nyaman serta terlindung dari debu dan sinar ultraviolet dari matahari.

Ukuran Sarung Tangan

Sarung tangan motor memiliki ukuran yang berbeda beda. Jika Anda membelinya di toko-toko atau perbelanjaan umum, biasanya penjual akan membaginya ke dalam tiga jenis ukuran. Ukuran yang pertama adalah sarung tangan untuk anak-anak yang relatif lebih kecil dan ringan. Kemudian ada ukuran untuk orang dewasa yang memiliki fitur-fitur berkendara, lalu ukuran sarung tangan untuk wanita, yang biasanya memiliki variasi hiasan cantik.

Menyesuaikan ukuran tangan sangat penting bagi Anda saat berkendara. Sebab, faktor menentukan ukuran sarung tangan ini dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Ukuran yang salah, seperti sarung tangan yang terlalu longgar bisa membuat pedal gas tergelincir. Atau, ukuran yang terlalu kecil akan membuat tangan Anda cepat pegal dan tidak nyaman saat berkendara, terlebih untuk jarak yang jauh.

Proteksi Sarung Tangan

Selanjutnya, hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli sarung tangan adalah proteksi pada permukaan yang memadai. Tidak hanya di permukaan saja, perlindungan juga harus ada di bagian-bagian rawan seperti punggung tangan, ujung jari untuk mengerem, serta telapak tangan agar tidak membuat tangan licin saat menarik pedal gas. Juga pada pergelangan tangan yang biasanya tak terlindungi dari sinar matahari.

Selain itu, proteksi sarung tangan motor juga bisa dengan memilih warna. Pilihlah warna-warna yang mudah terlihat agar tidak mengganggu gerakan Anda, warna hitam merupakan yang paling banyak terdapat di berbagai produk. Proteksi juga bisa berbentuk bantalan busa yang ada di bagian dalam agar tangan terasa lebih nyaman.

Desain dan Fitur Sarung Tangan

Sarung tangan motor memiliki desain khusus yang memudahkan pengendara untuk mengakses pedal gas, rem, serta menekan tombol fungsi yang ada di motor. Selain itu, desain sarung tangan motor biasanya memiliki rongga-rongga khusus untuk mengalirkan sirkulasi udara agar keringat tidak mengendap di atas pori-pori kulit. Bagian pergelangan tangan juga memiliki fitur khusus, yakni bagian perekat.

Sebagian jenis sarung tangan memiliki desain khasnya masing-masing dengan fitur khusus untuk kegiatan tertentu. Seperti halnya kegiatan off-road, pengendara memakai sarung tangan dengan proteksi yang lebih kuat, tahan air dan getaran. Kemudian, untuk kegiatan touring dan perjalanan jauh, desainnya memiliki bahan kulit yang tahan panas dan dingin, disertai fitur lubang ventilasi khusus.

Dua Tipe Sarung Tangan

Ada dua tipe sarung tangan yang penting untuk Anda ketahui, yaitu full finger dan half finger. Sarung tangan full finger menutup seluruh bagian tangan sampai ke ujung jari, sehingga terlindung dari sinar matahari, dingin, dan polusi. Kemudian, tipe kedua adalah half finger yang membuka bagian ujung jari, sehingga Anda dapat mengoperasikan smartphone. Sarung tangan ini sangat cocok untuk digunakan driver ojek online atau mahasiswa.

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli jenis sarung tangan motor. Pastikan Anda membeli jenis yang sesuai untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Tentunya, sangat tidak nyaman jika menggunakan sarung tangan tidak sesuai fungsinya, bukan? Demikian ulasan ini, semoga bermanfaat.