December 1, 2021 | Zoleka Social Act

BBM Zoleka: Bagi Bagi Makanan di Pusaka Rakyat, Bekasi

Semua orang ingin bahagia. Untuk mencapainya, ada berbagai cara yang dilakukan, mulai dari memenuhi keinginan dalam diri sendiri hingga berbagi dengan orang lain. Berbagi adalah cara yang unik, karena tidak hanya menyenangkan diri sendiri, tetapi juga memberi senyuman di wajah orang lain yang menerimanya.

Untuk berjalan lebih jauh di perjalanan kebahagiaan ini, Zoleka memiliki program BBM atau Bagi Bagi Makanan. Program ini terbuka untuk kolaborasi dengan komunitas-komunitas lain dalam ikut serta membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan, misalnya berbagi kepada mereka yang tersisih dalam masyarakat.Kali ini, Zoleka bekerja sama dengan Komunitas Kerohanian Save My Generation Movement asal Harapan Indah, Bekasi. Bersama-sama, bantuan makanan ini dibagikan di Kelurahan Pusaka Rakyat, kecamatan Tarumajaya, Bekasi. Ada sekitar 120 kotak makanan siap saji yang dibagikan dalam program yang dilaksanakan tanggal 9 Oktober 2021 ini. 

Penduduk Kelurahan Pusaka Rakyat umumnya berprofesi sebagai petani, buruh, dan lain-lain. Rumah-rumah di sini umumnya dibangun dengan bahan beton yang tidak dicat. Jalanan di sini pun masih jalan pasir dengan pohon-pohon pisang berderetan di sebelahnya. 

Di awal proses pembagian kotak makanan, para warga antusias berkumpul di depan para relawan. Di bawah bimbingan tim Zoleka dan Save My Generation Movement, para warga pun antri dengan jarak 1 meter di antara mereka. Satu per satu kotak makanan pun disalurkan ke tangan penduduk. 

Setelah selesai berbagi dengan wargaz yang mengantri, para relawan juga berjalan ke rumah-rumah penduduk. Kotak-kotak makanan ini diberikan lagi ke tiap warga yang bertemu. Ada juga makanan yang diserahkan langsung ke anak-anak yang sedang bermain di luar rumah. 

Program kali ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur kesehatan yang disarankan. Tiap relawan memakai masker dan sarung tangan plastik. Selain itu, ada juga relawan yang bertugas untuk membawa botol hand sanitizer. Masker dan hand sanitizer ini juga dibagikan kepada warga sekitar. 

Ibu RT kelurahan Pusaka Rakyat mengaku, “Ini baru pertama kali kami menerima bantuan makanan.” Ibu RT dan para warga merasa sangat senang menerima bantuan aksi sosial ini. Para warga mengucapkan syukur dan terima kasih sebesar-besarnya atas makanan yang diberikan. Tim Zoleka juga merasakan respon positif yang diberikan warga dan merasa bahagia melihat antusiasme warga.  

Ketua Save My Generation Movement, Christian Nehemia juga memiliki pandangan sendiri. Baginya, program BBM akan memberikan dampak positif yang besar untuk banyak orang. Semakin banyak komunitas dan anak muda yang peduli dan bergabung dalam program ini, makan semakin banyak kaum marginal yang mendapatkan perhatian, bantuan, kasih, dan kebahagiaan.

Program Bagi Bagi Makanan masih akan terus berlanjut. Tempat pembagiannya akan tersebar di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Bila Zolekawan atau komunitas ada yang tertarik ingin bergabung, silakan menghubungi langsung lewat Direct Message (DM) Instagram @zoleka.id atau melalui WhatsApp 08111205759. DM ini juga terbuka bila Zolekawan ingin berbagi informasi lokasi yang membutuhkan bantuan.

Bahagia itu bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana. Dengan berbagi saja, kita bisa merasakan kebahagiaan yang berlipat ganda. Hal ini karena senyuman yang terlihat akan lebih banyak dan bermakna. Karena itu, tetaplah berjalan di jalan kebahagiaan dengan cara berbagi kepada mereka yang membutuhkan.