June 21, 2021 | Human Empowerment

Berkarya dan Berdaya Bersama Kita

Human Empowerment menjadi sarana untuk membantu sesama terutama kelompok masyarakat yang termarjinalkan atau kerap dipandang sebelah mata guna mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkarya dan memaksimalkan potensi mereka. Selain itu, Human Empowerment juga hendak membantu masyarakat untuk mendapatkan hak dasarnya sebagai manusia, yaitu hak mendapatkan kesempatan yang setara untuk mendapatkan kehidupan yang baik.

Zoleka percaya bahwa kelompok masyarakat yang dipandang sebelah mata perlu diberdayakan dan diberi peluang yang nyata agar mereka bisa mendapatkan akses dan kesempatan untuk berkarya. Hal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan untuk mengekspresikan diri, mengaktualisasikan diri, dan menjadi inspirasi atau pengaruh baik untuk diri mereka.

Foto: Tim Zoleka bersama guru dan murid PKBM Puspa Terang Nusantara

Bicara soal pemberdayaan manusia, maka kita juga berbicara soal saling menghargai dan menghormati. Zoleka hendak mengajak seluruh masyarakat untuk berkarya dan mendukung mereka mendapatkan penghargaan dan rasa hormat yang layak. Hal ini mempertegas alasan Zoleka untuk mewujudkan Human Empowerment ini karena masyarakat yang dipandang sebelah mata atau mungkin terlupakan layak untuk mendapatkan perhatian dengan menjadi pembuka gerbang bagi mereka untuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik dalam berkarya.

Foto: Tim Zoleka bersama narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung

Human Empowerment menjadi salah satu pilar yang diinisiasi oleh Zoleka sebagai bagian dari Happiness Journey untuk misi berbagi kebahagiaan dan kebaikan dengan sesama. Zoleka melihat bahwa masih ada sebagian dari masyarakat Indonesia yang perlu didukung untuk diperjuangan hak dasarnya. Hal inilah yang membuat Zoleka berkomitmen melakukan aksi kemanusiaan yang nyata. Pada tahun 2021, Zoleka mengadakan kerjasama dengan tiga pihak yaitu PKBM Puspa Terang NusantaraLapas Narkotika Kelas IIA Bandung, dan Yayasan Rumah Tumbuh Harapan (Rumah Ruth)

Kerjasama ini diharapkan menghasilkan karya dalam berkarya yang dapat berguna bagi semua pihak yang terlibat maupun masyarakat di luar sana. Untuk saat ini, karya yang telah dihasilkan adalah berupa produk t-shirt dan tas yang nanti akan dibantu distribusi dan pemasarannya oleh Zoleka. Prosesnya dimulai dari desain yang dibuat dari hasil menggambar dan mewarnai anak-anak berkebutuhan khusus di PKBM Puspa Terang Nusantara. Lalu proses penjahitannya dilakukan oleh narapidana di Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung, serta pengemasannya dilakukan oleh perempuan yang dibina di Yayasan Rumah Tumbuh Harapan (Rumah Ruth). Selain itu, Zoleka juga memberikan pembinaan dan pendampingan untuk mereka secara berkala serta memberikan edukasi untuk pengembangan karakter dan keterampilan. Untuk ke depannya, tidak menutup kemungkinan karya yang dibuat akan berkembang dengan berbagai variasi produk.

Foto: Tim Zoleka bersama perempuan binaan Yayasan Rumah Tumbuh Harapan (Rumah Ruth)

Zoleka berharap hal ini dapat memberikan pengaruh dan pengalaman yang berguna untuk anak-anak berkebutuhan khusus, para narapidana, dan perempuan korban kehamilan di luar nikah. Mereka berhak untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman dan mendapatkan penerimaan dari keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Zoleka percaya siapa saja bisa berkontribusi dan ambil peran untuk membantu sesama. Kontribusi yang Zoleka lakukan melalui Human Empowerment diangan-angankan dapat membantu mereka mencapai pemenuhan kebutuhan akan penghargaan dan aktualisasi diri.

Filed in: berkarya