March 18, 2022 | Human Empowerment

Human Empowerment: 1 Bulan Belajar Bersama di Rumah Zoleka

Banyak orang berkata pendidikan adalah investasi termurah untuk mencapai kesuksesan. Namun sayangnya, bagi banyak penduduk Indonesia, hal ini merupakan “barang mahal.” 

Menurut Laporan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sebanyak 75.303 anak Indonesia putus sekolah sepanjang 2021.

Dari tingkat Sekolah Dasar (SD) saja, sudah mencakup 38.716 anak yang tidak lagi lanjut menimba ilmu. 

Human Empowerment: 1 Bulan Belajar Bersama di Rumah Zoleka

Mengamati fenomena ini, Zoleka sebagai brand sociopreneur pun membuka Rumah Zoleka, sebuah wadah pembelajaran ilmu dan keterampilan untuk anak-anak hingga dewasa. Resmi mulai belajar dari 13 Februari 2022, kelas Rumah Zoleka diadakan rutin hampir setiap hari. 

Anak-anak SD-SMP bisa belajar setiap hari Minggu, ada sesi jam 8 dan sesi jam 10. Mereka bisa belajar bahasa Inggris dan juga ilmu komputer. Para volunteer bercerita bahwa dalam 1 bulan belajar, hingga 13 Maret, perkembangan belajar anak-anak sangat cepat. 

Di kelas bahasa Inggris, si kecil mulai belajar dari alphabet, perkenalan, barang sehari-hari, hingga kata ganti. Sekarang mereka sudah bisa memperkenalkan diri dengan lancar dan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris.  Begitu pula di kelas komputer. Dari tidak bisa menyalakan komputer, sekarang anak-anak bisa menggunakan MS Word dan mengetik 10 jari.

Human Empowerment: 1 Bulan Belajar Bersama di Rumah Zoleka

Anak-anak Pra-sekolah (PAUD) juga bisa belajar di Rumah Zoleka setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat sebanyak 1 sesi. Awalnya anak-anak ini sangat pemalu. Mereka juga belum banyak mengenal huruf, jadi belum dapat mengeja dan membaca dengan lancar. Sekarang, setelah belajar bersama para volunteer, mereka sudah mampu melakukan semuanya.

Kayak-kakak volunteer juga mengaku sangat senang melihat semangat dengan cepatnya kemampuan belajar anak-anak. Selain itu, bertemu dan saling berbagi dengan volunteer lain juga menambah pengalaman baru untuk mereka. 

Mendukung pendidikan anak-anak tidak harus dengan hal-hal besar. Bila Zolekawan juga tertarik untuk mengajar sebagai volunteer, saat ini Rumah Zoleka masih terbuka menerima anggota baru. Atau Anda juga ikut membantu anak-anak lewat donasi di Kitabisa.com. Dukung anak-anak meraih masa depan dimulai dari hal kecil.