November 15, 2021 | Life Style

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Pandemi membuat orang semakin aware untuk menerapkan pola hidup sehat agar meningkatkan imunitas, salah satunya dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang sangat diminati oleh orang-orang untuk meningkatkan imunitas adalah dengan bersepeda. Hal ini menjadikan bersepeda sebagai aktivitas olahraga yang sangat digandrungi saat ini. Fasilitas jalur sepeda yang semakin memadai di berbagai kota juga menjadi salah satu faktor yang meningkatkan minat masyarakat untuk bersepeda. Tidak berbeda dengan olahraga lainnya, bersepeda juga baik bagi kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental.

Selain praktis dan mudah dilakukan, bersepeda sebagai olahraga juga bisa dijadikan sebagai kegiatan melepas penat pada saat weekend. Dengan bersepeda selama kurang dari 1 jam, kita mendapatkan berbagai manfaat kesehatan sangat berguna di masa pandemi ini. Untuk lebih jelasnya simak tips sehat manfaat-manfaat bersepeda yang akan sangat berguna untuk meningkatkan imunitas Zolekawan berikut ini!

1. Mencegah Penyakit Jantung

sakit jantung

Bersepeda, selayaknya jenis olahraga lainnya, dapat mengoptimalkan kinerja jantung dan memperkuat otot-otot jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan meminimalisir resiko serangan jantung, stroke, mencegah resiko tekanan darah yang tinggi, dan juga mengurangi kadar lemak dalam darah.

Ketika sistem kardiovaskular bekerja dengan baik, maka resiko terkena stroke, tekanan darah tinggi, atau serangan jantung akan semakin kecil.

2. Mengurangi Stres

Stres

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah mengurangi stres. Dengan bersepeda ataupun aktivitas fisik lainnya dapat membantu tubuh menghasilkan hormon dopamin. Hormon tersebut memiliki fungsi memberikan rasa bahagia yang dapat mengurangi stres, depresi, serta gangguan kecemasan lainnya.

Selain itu dengan olahraga bersepeda, tubuh juga dapat menurunkan kadar hormon yang menyebabkan stres, seperti adrenalin dan kortisol. Disamping itu, saat bersepeda, kita juga bisa mengurangi stres dengan menikmati pemandangan dan atau suasana kota di pagi hari saat bersepeda.

3. Mengendalikan Berat Badan

Berat badan

Bersepeda dapat menjadi salah satu solusi bagi Zolekawan yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan berat badan. Hal ini karena dalam 1 jam bersepeda, tubuh dapat membakar sekitar 600 kalori juga dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh serta membangun otot. Tapi perlu diingat bahwa hal tersebut perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat dan seimbang guna memastikan energi yang keluar lebih besar dari asupan yang masuk, sehihngga anda mendapatkan hasil yang efektif.

4. Baik Bagi Persendian Tubuh

manfaat bersepeda bagi lutut

Masalah persendian umumnya sangat berkaitan dengan usia. Pada usia yang dapat dikatakan tidak muda lagi, sulit untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu membebani persendian. Tapi jangan khawatir, bersepeda adalah olahraga yang aman bagi persendian.

Saat bersepeda, posisi anda adalah duduk pada jok sepeda, sehingga beban tubuh akan diletakkan pada tulang panggul, bukan pada kaki. Sehingga akan sangat meminimalisir resiko cedera. Bahkan banyak penelitian menyebutkan bahwa olahraga bersepeda dapat memperlambat proses penuaan loh.

5. Menurunkan Risiko Kanker

manfaat bersepeda untuk kanker

Bersepeda dapat mengurangi risiko kanker, jika disertai dengan asupan makanan sehat dan seimbang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer menyatakan bahwa terdapat hubungan langsung antara durasi bersepeda dengan risiko kanker dan tingkat pemulihan kanker. Dengan hanya bersepeda selama setengah jam dapat mengurangi risiko kanker hingga 34 persen.

Sementara itu, bagi penderita kanker yang sedang dalam masa pengobatan atau pemulihan, dengan bersepeda akan dapat mengurangi efek samping dari treatment kanker serta meningkatkan kualitas hidup.

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat bersepeda bagi imunitas

Manfaat bersepeda yang lain adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bersepeda secara rutin dapat membantu menjaga kebugaran yang otomatis berdampak pada peningkatan imun tubuh. Imun tubuh yang kuat dapat membuat kita lebih sehat dan tidak mudah utnuk terserang penyakit. Hal ini lah yang dimasa pandemi ini telah banyak disadari masyarakat, sehingga olahraga bersepeda menjadi salah satu aktivitas yang paling diminati dimasa pandemi ini.

7. Memperpanjang Usia

manfaat bersepeda awet muda

Seperti halnya olahraga lainnya, aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi bermanfaat dalam meningkatkan fungsi dan kapasitas mitokondria yang dapat membuat anda lebih awet muda.

Dengan melakukan olahraga rutin, seperti bersepeda, juga dapat memperpanjang usia dan mengurangi risiko kematian dini. Survei yang dilakukan terhadap pengguna sepeda di Perancis mengungkapkan bahwa usia rata-rata kelompok masyarakat yang aktif bersepeda dapat mencapai lebih dari 81 tahun.

8. Menjaga Keseimbangan Tubuh dan Menambah Kekuatan

manfaat bersepeda bagi keseimbangan tubuh

Postur ketika bersepeda dapat membuat tubuh menjadi tegak, sehingga mengurangi risiko patah tulang dan jatuh karena bertambahnya kekuatan dan keseimbangan. Maka dari itu bersepeda merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dianjurkan bagi kelompok lanjut usia.

Bagaimana Zolekawan? Banyak kan manfaat dari bersepeda? Ayo hidup lebih sehat dengan mulai rutin bersepeda. Oh iya, sebelum mulai bersepeda sebaiknya perhatikan juga kelengkapan serta hal-hal lain agar bersepedanya aman ya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bersepeda

  • Gunakan perlengkapan pelindung diri guna menunjang keamanan berkendaramu. Pakailah helm untuk melindungi kepala, sarung tangan, serta jaket untuk melindungimu dari angin dan saat hujan
  • Pastikan sepeda dalam kondisi yang baik, tidak ada kerusakan.
  • Gunakan lampu jika bersepeda di malam hari
  • Pakailah masker dan bawa hand sanitizer
  • Tetap jaga jarak dengan pesepeda lain

Itulah manfaat-manfaat dari bersepeda yang perlu diketahui oleh Zolekawan. Jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan yang lengkap sesuai saran diatas ya, yang dapat kamu dapatkan di Zoleka.id atau kunjungi kami di TokopediaShopee dan Lazada.

Filed in: manfaat bersepeda