April 14, 2023 | Zoleka Social Act

Zoleka: “Kami Bangga Memeriahkan Acara Syndrome Day: Beauty in Imperfection”

Zoleka telah berpartisipasi dalam acara Syndrome Day dengan tema “Beauty in Imperfection”. Tepatnya di tanggal 31 Maret 2023 lalu, Griya Karya Harapanku membuka event tersebut yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati yang akrab dipanggil Eeng Charli beserta para anggota Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Cirebon.

Di dalam acara tersebut, Zoleka memperkenalkan produk hasil karya yang dibawakan oleh empat orang anak, yakni Andre Wijaya, Benyamin, Michael, serta Jonathan. Keempat anak tersebut mewakili 12 anak berkebutuhan khusus yang ikut serta di dalam event Syndrome Day: Beauty in Imperfection. Salah satu tujuan dari acara ini adalah sebagai media ekspresi diri dan menyuarakan potensi yang dimiliki anak-anak berkebutuhan khusus.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ruang bagi mereka untuk mengekspresikan diri dan menyatakan bahwa anak berkebutuhan khusus dapat melakukan sesuatu dengan potensi yang dimilikinya," ucap Irene Lukita, Pendiri Griya Karya Harapanku, yang memberikan sambutan pada acara tersebut.

Zoleka: “Kami Bangga Memeriahkan Acara Syndrome Day: Beauty in Imperfection”

Dalam rangkaian acara Syndrome Day ini, terdapat berbagai sesi menarik yang menampilkan pertunjukan bakat, fashion show, perform puisi, menyanyikan lagu, tarian, serta sesi talkshow bersama pembawa acara dan narasumber yang menyenangkan. Ada juga sesi pameran hasil karya seni Diego Berel, penyandang Down Syndrome yang sukses memajang lukisannya di London beberapa waktu lalu. Selain Diego Berel, ada juga pameran hasil karya lukisan Benyamin dan Rafi, anak-anak penyandang disabilitas autisme.

Sebagai brand yang aktif dalam produksi produk urban apparel, Zoleka ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara spesial yang satu ini. Zoleka memberi kesempatan pada anak-anak berkebutuhan khusus untuk menuangkan desainnya ke dalam produk yang turut dipamerkan pada sesi fashion show. Hal tersebut tentu sangat membanggakan bagi Zoleka, bisa melihat anak-anak tampil dengan karya mereka sendiri di event ini. 

Selain menjadi media bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk menampilkan karya mereka, Zoleka juga berperan dalam memperkenalkan serta mengangkat potensi anak-anak berkebutuhan khusus kepada masyarakat secara luas. Juga untuk membuktikan pada dunia bahwa anak-anak tersebut mampu untuk memunculkan karya-karya seperti anak normal lainnya, meski kemampuannya sangat terbatas.

Dalam acara ini, terdapat pelajaran penting yang bisa didapatkan, yaitu sebagai pengingat akan potensi anak-anak berkebutuhan khusus sebagai kontribusi ke masyarakat. Sebab, anak-anak berkebutuhan khusus dan para penyandang disabilitas di luar sana seringkali diabaikan dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat umum. Padahal, mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkarya.

Acara ini dan berbagai event sejenis tentunya sangat berguna bagi anak-anak berkebutuhan khusus, agar dapat membangun kepercayaan diri, menggali potensi, serta mendapatkan ruang untuk terus berkembang. Sejatinya, hal ini juga merupakan tanggungjawab bersama untuk memberi kesempatan pada sesama, baik anak-anak normal maupun yang memiliki kebutuhan khusus seperti Down Syndrome dan Autisme.

“Saya berharap lebih banyak pihak untuk mau ikut berpartisipasi didalam memberikan ruang dan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus tampil dan berkreasi, berinovasi, serta berdaya” ungkap Ibu Irene Ridjab, Founder dari Zoleka.

 

#BanggaMerekaBerdaya #ZolekaID.