February 8, 2022 | Zoleka Social Act

Zoleka Social Act: Berkunjung Kembali ke Rote, NTT

Negara Kepulauan Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan jumlah pulau hingga ribuan. Keindahan alam Indonesia yang terletak di wilayah tropis ini sudah terkenal di seluruh dunia. Hanya saja, saking luasnya, tidak semua pulau dan warga bisa mendapatkan perhatian penuh dari ibukota negara. Akibatnya, masih banyak warga membutuhkan yang tersembunyi. Salah satunya di Pulau Rote.

Pulau Rote adalah sebuah pulau yang unik di Indonesia. Pulau yang merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur ini berada di sisi paling luar bagian selatan Indonesia. Pulau ini memiliki keindahan unik tersendiri dengan kondisi alam yang tandus. Kebanyakan penduduk hidup dari mata pencaharian sebagai buruh tani penghasil gula kelapa dan minuman keras olahan buah pohon enau atau lontar.

Sayangnya, penduduk di sini masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Berdasarkan data BPJS tahun 2020, angka kemiskinan di Pulau Rote mencapai 27,08% dan tingkat pengangguran sekitar 2.03%. Karenanya, penduduk Pulau Rote sangat membutuhkan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta.

Karena itu, Zoleka pun berkunjung kembali ke NTT untuk memberikan bantuan baru. Sebelumnya, tim sudah pernah membawakan tas untuk para siswa-siswi di SMA Kristen ISRA dan anak-anak PAUD Benih Bangsa di pulau Rote Ndao. Kali ini, Zoleka melaksanakan program Social Act di berbagai desa di sana, seperti Desa Rote Selatan, Desa Rote Barat Daya,  Desa Nusaklain, Desa Dengka, Desa Sanama, dan Desa Rote Tengah.

Zoleka Social Act: Berkunjung Kembali ke Rote, NTT

Kunjungan ke desa-desa Pulau Rote ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Desember 2021. Tujuan program sosial ini adalah untuk membagikan 40 buah paket sembako kepada warga-warga yang membutuhkan. Paket bantuan sosial ini berisi gula, minyak goreng, sirup, teh celup, biskuit, dan sereal instan. 

Acara Social Act Zoleka ini dibantu oleh relawan dari SMA Kristen ISRA di Rote. Sebanyak 11 anak muda dari Rote datang untuk ikut membantu menyiapkan paket bantuan dan membagikannya. Proses pembagian dilakukan dengan berkunjung satu persatu ke rumah warga yang membutuhkan. Zoleka memilih janda lansia dan keluarga prasejahtera sebagai penerima utama bantuan sosial. Namun bukan berarti Zoleka tidak memberikan bantuan kepada warga lain yang membutuhkan.

Zoleka Social Act: Berkunjung Kembali ke Rote, NTT

Bagi Brillianto Rineksa, Koordinator Tim Relawan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para anak muda ini. ”Kegiatan ini adalah wahana penggembleng mental generasi muda sebagai penerus bangsa untuk memupuk jiwa solidaritas sosial, saya berharap ke depan kerjasama ini bisa semakin ditingkatkan dan skalanya diperluas.”  Ucap Brillianto sekaligus mewakili Irene Ridjab, founder Zoleka.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa bermanfaat besar bagi para warga Rote NTT, terutama para lansia dan keluarga yang menerima paket. Oma Amalau, salah satu penerima bantuan dari Desa Dengka juga mengucapkan syukur dan kebahagiaan setelah menerima bantuan. “Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan dan mengucapkan banyak terima kasih kepada ZOLEKA yang telah sudi memperhatikan dan berbagi kasih kepada kami di daerah terpencil ini,” kata Oma Amalau

Kesejahteraan adalah hak semua warga Indonesia dan juga tujuan negara. Kita sebagai warga Indonesia juga bisa membantu untuk mencapai tujuan mulia ini. Salah satunya dengan menggiatkan program sosial kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai tempat. Zoleka juga berkomitmen untuk terus menjalankan program-program sosial yang telah ada hingga saat ini. `

Bila Zolekawan juga ingin membantu dalam tugas mulia ini, silakan menghubungi langsung lewat Direct Message Instagram Zoleka @zoleka.id. Anda bisa memberikan donasi, menitipkan bantuan untuk dibagikan, atau bahkan sekedar memberikan informasi tempat mana yang sekiranya membutuhkan bantuan. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang program sosial dari Zoleka, Zolekawan bisa berkunjung ke website zoleka.id