Vina, Remaja Hebat yang Karyanya Menginspirasi

Vina adalah remaja berusia 19 tahun yang menyandang Cerebral Palsy (CP) dan kelainan jantung. Cerebral Palsy (CP) merupakan kondisi kelumpuhan otak yang memengaruhi saraf dan otot yang berdampak pada kemampuan motorik. Vina seringkali terkendala pada keterbatasan gerak tubuhnya. Saat ini Vina masih belum bisa berkomunikasi secara verbal, selebihnya dalam berkomunikasi Vina lebih banyak menggunakan gerak tubuh seperti menunjuk sesuatu yang ia inginkan.

Vina kehilangan sosok Ayah pada saat usianya masih 14 tahun, namun sang Ibu selalu semangat untuk mendukung agar Vina menjadi lebih baik dan mandiri. Sang Ibu selalu setia mendampingi Vina setiap saat termasuk saat kelas daring berlangsung. Saat ini Vina duduk di bangku kelas 4 SD dan mengikuti kegiatan belajar serta terapi di PKBM Puspa Terang Nusantara.  Walaupun terkendala dengan komunikasi dua arah saat sedang mengikuti kegiatan pembelajaran, Vina berusaha untuk berkomunikasi secara non verbal dengan menggunakan tulisan dan gerak tubuh. Vina juga bisa paham saat berkomunikasi dengan orang lain dan memberikan respon dengan baik.

Salah satu mata pelajaran yang dikuasai oleh Vina adalah pelajaran TIK. Vina pun sudah mulai hafal dengan letak-letak huruf pada keyboard laptop atau komputer. Saat ini Vina duduk di kelas 4 SD. Saat pembelajaran secara daring, Vina akan didampingi oleh mamanya. Ketika datang ke Puspa Terang Nusantara, Vina mengikuti terapi dan pembelajaran akademik. Secara akademik, Vina dapat mengikuti pembelajaran di kelas dengan cukup baik. Vina dapat mengerjakan lembar kerja yang diberikan pengajar secara mandiri.

Selain itu, Vina juga punya talenta di bidang kesenian. Vina sangat gemar mewarnai gambar dan juga menggunting mengikuti pola yang sulit. Hasil karya Vina tentu tidak kalah bagusnya. Vina adalah bukti bahwa tidak ada yang mustahil bagi siapa pun untuk menghasilkan sebuah karya. Vina juga membuktikan bahwa dibalik setiap kekuarangan, tersembunyi berbagai potensi yang luar biasa yang bisa memberikan semangat serta inspirasi bagi orang lain.

Yuk dukung karya Vina dengan membeli produknya berupa t-shirt dan tote bag disini.

 

Update :

Per bulan Agustus-2022 hasil karya Vina-01 sudah terjual sebanyak 141 t-shirt, 71 tote bag dan 196 notebook, 53 outerwear, 149 tumbler, dan 89 mask.

Per bulan Agustus-2022 hasil karya Vina-02 sudah terjual sebanyak 25 t-shirt, 51 tote bag, 37 outerwear, 25 tumbler, dan 24 mask.

Per bulan Agustus-2022 hasil karya Vina-03 sudah terjual sebanyak 6 outerwear.

Per bulan Agustus-2022 hasil karya Vina-04 sudah terjual sebanyak 11 outerwear dan 7 tumbler.

Per bulan Agustus-2022 hasil karya Vina-05 sudah terjual sebanyak 3 t-shirt dan 7 totebag.

Vina, Remaja Hebat yang Menginspirasi

Bagi Ibu Riris, orang tua dari Vina, kerja sama dengan Zoleka ini memiliki makna yang besar dan berbeda untuk dia dan anaknya. Sebelum ikut dalam program Zoleka, Ibu Riris sudah pernah berpikir untuk berhenti dari PKBM Puspa Terang Nusantara karena kesulitan ekonomi. “Jadi waktu kepala sekolah membagikan produk dari Zoleka di grup, saya itu senang sekali. Saya sampai nangis, saya sampai kaget. Tuhan, Vina ternyata ada karyanya yang bisa diterima.” Dengan adanya program Human Empowerment ini, Vina bisa lagi belajar dan bersekolah bersama teman-temannya.

Baca Juga Human Empowerment lainnya di:

Human Empowerment: Kebahagiaan untuk Anak, Harapan bagi Orang Tua

Keseruan Sekolah Bersama di “Beling”Keseruan Sekolah Bersama di Program Belajar Keliling "Beling

Tingkatkan Pendidikan Anak Jalanan Dengan Belajar Keliling “Beling”

Makna Dibalik Sebuah Karya Sederhana

Bersama Kita Berdaya

Narapidana Lapas Narkotika: Titik Balik untuk Bangkit

Perempuan Yayasan Rumah Tumbuh Harapan (Rumah Ruth) : Kekuatan dari Hati

Berkarya bersama Adik-adik PKBM Puspa Terang Nusantara

Perjuangan Oline yang Penuh

Melihat Jose, Melihat Pribadi yang Luar Biasa dan Istimewa

Mengenal Sang Juara Gambar Bernama Marthen

Nico, Anak Penuh Kasih yang Menggandrungi Dunia Multimedia

Anya, Si Kakak yang Ceria dan Penuh Bakat

Jordan Si Anak Periang yang Penuh Rasa Ingin Tahu

Cerita Latisha, Gadis Kecil dengan Pribadi Berharga dan Dikasihi Tuhan

Human Empowerment: Stand Up, Rise Up

Filed in: Karya